biaya iklan facebook

Biaya Iklan di Facebook Ads

biaya iklan facebook – Bagi seorang pengusaha pasti akan memperhitungkan dan memperhitungkan biaya menjalankan bisnis, termasuk biaya yang harus dikeluarkan untuk memasang iklan di Facebook Ads. Facebook menyediakan banyak fungsi layanan yang dapat memudahkan bisnis untuk mempromosikan produk, itulah sebabnya Facebook Ads menjadi platform periklanan yang paling banyak digunakan oleh bisnis online saat ini.

Jika Anda seorang pemula baru belajar periklanan dan ragu kapan harus mulai beriklan di Facebook Ads. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang harga dan biaya yang harus Anda keluarkan untuk iklan di Facebook.

Biaya iklan yang digunakan dalam iklan akan mempengaruhi jumlah tayangan iklan yang Anda terima. Namun, berapa biaya persiapan untuk memasang iklan di iklan Facebook? Simak penjelasannya di artikel ini.

Baca juga: Beriklan di Facebook Ads

Biaya iklan Facebook

Kami biasanya mengenakan biaya untuk iklan. Pembayaran adalah jumlah nominal yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan hasil dari sasaran iklan yang Anda targetkan.
Misalnya, jika target iklan Anda adalah konversi, maka kriteria terukurnya adalah 1.000 tayangan. Dengan demikian, kami dapat menyebut biaya yang Anda bayarkan untuk mendapatkan 1000 tayangan sebagai biaya per 1000 tayangan atau biaya per juta (BPS).
Facebook akan menampilkan iklan kepada audiens berdasarkan berapa banyak yang Anda belanjakan.

Kenapa biaya iklan di Facebook mahal dan murah?

Salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya biaya iklan (biaya per juta, biaya per klik, dll) adalah jumlah audiens target.
Jika Anda ingin menghabiskan sejumlah uang, Anda dapat menargetkan audiense yang banyak Namun, tujuan iklan menjadi kurang penting karena iklan akan ditampilkan kepada semua orang.
Di sisi lain, jika Anda ingin mendapatkan banyak hasil atau lead, Anda harus mengeluarkan banyak biaya iklan, karena iklan akan ditampilkan kepada audiens yang lebih spesifik tergantung pada apa yang Anda targetkan.

Biaya beriklan di Facebook ads tidaklah murah atau mahal.

Secara umum, iklan Facebook tidak murah atau mahal. Iklan berbiaya tinggi lebih baik untuk menghasilkan uang daripada iklan berbiaya rendah, tetapi tidak untuk meningkatkan penjualan.
Jadi fokusnya bukan pada biaya rendah iklan Facebook, tetapi pada tujuan iklan, apakah itu sesuai dengan tujuan atau tidak. Misalnya, tujuan periklanan adalah untuk meningkatkan penjualan, jadi Anda harus fokus pada biaya pembelian daripada biaya klik.

Cara menentukan biaya iklan di Facebook

Secara umum, yang dapat menentukan harga iklan Facebook adalah fitur-fitur yang disediakan Facebook. Pada awal pembuatan jejaring sosial ini tidak ada fungsi promosi iklan, namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang menggunakan Facebook sebagai tempat berjualan. Inilah sebabnya mengapa Facebook menyediakan fitur untuk mempromosikan produk. Nah, berikut ini beberapa fitur iklan Facebook yang bisa kamu lakukan:

1. Anda dapat memilih arah

Saat beriklan di Facebook Ads, Anda akan diberikan dua pilihan mengenai maksud atau tujuan iklan yang Anda tayangkan, awareness, refleksi, dan konversi.
• Objective awareness dibagi menjadi dua pilihan: Brand Awareness dan Reach, keduanya bertujuan untuk menarik perhatian audiens untuk mengunjungi halaman profil Anda dan meningkatkan penjualan bisnis Anda.
• Pertimbangan obyektif. Anda dapat memilih 6 sasaran iklan yang dimaksud, yaitu: Traffic, Engagement, App Install, Video Views, Lead Generation, dan Messages.
• Tujuan konversi (conversion) dibagi menjadi 3 pilihan: konversi, penjualan katalog, dan kunjungan toko.

2. Anda dapat memilih bisnis target

Anda dapat memilih tujuan periklanan yang menargetkan audiens yang mungkin relevan atau terkait erat dengan produk yang Anda jual. Anda dapat memilih dari beberapa tujuan, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, bahasa, dll.
Jika Anda ingin menyempurnakan penargetan, Anda dapat memilih minat, demografi, perilaku, dan koneksi Anda. Fitur ini akan membuat iklan Anda lebih bertarget.

3. Piring yang cocok dapat dipilih

Facebook tidak membatasi biaya iklan FB, Anda pasti dapat memulai iklan Facebook Anda sendiri dengan Rp 10.000 per hari.
Mereka memungkinkan Anda untuk mengatur pengeluaran bulanan Anda. Namun, biaya yang Anda tetapkan akan memengaruhi jumlah iklan yang ditampilkan Facebook.
Tips Menurunkan Harga Iklan Facebook Anda
Jika Anda ingin menjalankan iklan Facebook dengan biaya rendah karena kendala biaya, iklan Anda hanya akan muncul di Facebook untuk audiens yang lebih kecil. Oleh karena itu, jika pesaing mengeluarkan anggaran yang besar, maka iklan mereka akan ditampilkan ke khalayak yang lebih luas.
Tapi jangan khawatir, meskipun sangat sayang kepada Anda, masih ada peluang untuk memenangkan iklan Facebook. Berikut cara membuat biaya iklan Facebook Anda lebih murah:

Baca juga:Cara Sadap WhatsApp Jarak Jauh 2021 Tanpa Scan

1. Buat iklan Anda kreatif dan buat penawaran Anda lebih menarik
Jika Anda ingin mengalahkan iklan pesaing Anda, buatlah konten iklan semenarik mungkin. Berikut adalah 3 tips untuk membantu:
• Menganalisis konten pesaing dengan interaksi aktif.
• Buat konten yang lebih baik dari pesaing.
• Buat konten menggunakan format visual, grafik atau video.
2. Buat saluran penjualan.
Saluran penjualan, atau yang bisa disebut perjalanan ke pembeli, membuat konten dengan memvisualisasikan perjalanan pembelian. Jalur pembelian terjadi ketika pembeli menyadari bahwa mereka membutuhkan produk dan akhirnya membeli. Hal ini juga membuat pelanggan setia pada produk yang Anda jual.
Berikut adalah 5 langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat saluran penjualan:

  • Fase Pre-Tiger
  • Trigger dan consideration
  • Purchasing
  • Experience
  • Royalty

Biaya Iklan di Facebook

Setelah pembahasan diatas anda pasti sudah menentukan biaya iklan, selanjutnya kita akan membahas biaya iklan FB. Jika biayanya nominal, itu karena iklan sudah ditampilkan, dan harga iklan Facebook adalah nominal, seperti yang ditentukan oleh Facebook untuk Anda yang menjalankan iklan.
Apakah ada iklan berbayar di Facebook? Ya benar-benar. Menurut informasi yang diberikan oleh Facebook, iklan Facebook dihargai sekitar $50 per minggu atau $50.000 per minggu, sehingga iklan FB bisa menjadi harga yang sangat fleksibel. Namun, berdasarkan pengalaman kami dengan Iklan Facebook, Anda dapat menggunakan Iklan Facebook mulai dari Rp10.000 per hari.

Setelah memahami pembahasan di atas, Anda bisa mempertimbangkan dan mempersiapkan biaya yang akan dikeluarkan untuk pemasangan iklan.
Sebagai saran, ketika Anda baru mulai beriklan, lebih baik memulai dengan komisi kecil terlebih dahulu, jika hasil iklan bagus Anda dapat meningkatkan pengeluaran Anda.
Hal terpenting dengan iklan Facebook adalah fokus pada hasil. Lebih baik belanja iklan mahal tapi untung daripada biaya murah tapi tidak laku, lebih baik belanja sedikit tapi tetap untung.
Demikian pembahasan artikel tentang Harga dan Biaya Iklan Facebook (FB Ads) ini diharapkan dapat memberikan manfaat, wawasan mengenai biaya iklan, dan tips yang dapat Anda lakukan saat memasang iklan di iklan Facebook.