Obat Sakit Gigi Berlubang

obat sakit gigi berlubang – Sakit gigi ditandai dengan rasa sakit yang parah dan pembengkakan. Ini adalah obat alami untuk sakit gigi dan bahan-bahannya sudah tersedia. Meskipun sakit gigi tidak menular atau mengancam jiwa, hal itu membuat pasien merasa tidak nyaman.

Sakit gigi dan nyeri dapat terjadi jika Anda tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Meskipun hal ini biasanya tidak menyebabkan masalah serius, sakit gigi tetap harus segera diobati.

Baca juga: Rekomendasi Obat Totol Jerawat

Mengapa gigi sakit?

Saraf pulpa yang teriritasi atau terinfeksi bakteri dapat menyebabkan sakit gigi yang menyakitkan. Hal ini karena saraf pulpa merupakan saraf yang paling sensitif dalam tubuh manusia.
Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh masalah di bagian tubuh lainnya. Sakit gigi biasanya tidak mengancam nyawa, tetapi bisa menjadi masalah jika tidak ditangani dengan benar.

Gejala umum sakit gigi

Sakit gigi bisa berlangsung lebih dari 15 detik jika ada iritan. Jika gejala peradangan berlanjut, sakit gigi bisa memburuk. Rasa sakitnya bisa menjalar ke pipi, telinga, atau bahkan rahang.
Berikut beberapa gejala sakit gigi yang harus diwaspadai, misalnya:
• Nyeri akut dan persisten
• Sakit saat mengunyah makanan.
• Gigi menjadi lebih sensitif terhadap dingin atau panas.
• Pendarahan di sekitar gigi dan gusi.
• Pembengkakan di area gusi luar.
• Bau mulut akibat infeksi (halitosis).
• Demam disertai sakit kepala.

Berbagai obat alami untuk sakit gigi

Sakit gigi tidak hanya ditandai dengan rasa sakit, tetapi juga bisa disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, gigi bengkak, sensitif terhadap panas dan dingin, serta keluarnya darah dari gigi.
Sakit gigi dapat diobati dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan menggunakan obat sakit gigi berlubang alami yang sudah tersedia di rumah. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan antara lain:

1. Garam

Anda bisa menyiapkan garam sebagai obat sakit gigi. Caranya mudah, cukup campurkan setengah sendok teh garam dengan secangkir air hangat dan gunakan sebagai obat kumur. Air garam bisa menjadi antiseptik alami yang mengurangi peradangan dan menyembuhkan sariawan.
Berkumur dengan air garam juga dapat membantu menyingkirkan partikel makanan dan kotoran yang menempel di sela-sela gigi Anda.

2. Minyak cengkeh.

Obat sakit gigi alami selanjutnya adalah minyak cengkeh. Minyak cengkeh efektif mengurangi rasa sakit, mengurangi peradangan, dan mengandung bahan kimia eugenol, yang merupakan antiseptik alami.
Untuk membuat obat sakit gigi, Anda bisa mencampurkan 3 tetes minyak cengkeh dengan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Kemudian masukkan bola kapas dan biarkan minyak meresap ke dalam bola kapas. Kemudian tempelkan kapas pada gigi yang sakit.
Sebagai alternatif, Anda bisa memasukkan minyak cengkeh ke dalam segelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur. Minyak cengkeh biasanya dijual di toko obat. Meski tidak bisa dikatakan efektif meredakan sakit gigi, namun diyakini bisa meredakan rasa sakit.

3. Teh pepermin.

Teh mint tidak hanya dapat diminum, tetapi juga sebagai obat sakit gigi dan gigi sensitif.
Untuk mendapatkan manfaat tersebut, gunakan teh celup mint. Caranya, panaskan air, celupkan teh celup mint, lalu keluarkan teh celup dan masukkan ke dalam lemari es selama beberapa menit. Saat dingin, gigit kantong teh mint dengan gigi Anda yang sakit.

4. Bawang putih.

Bawang putih telah lama dipercaya sebagai obat sakit gigi. Bawang putih dipercaya dapat meredakan sakit gigi dan membunuh bakteri pada plak.
Untuk menjadikan bawang putih sebagai obat sakit gigi berlubang, Anda bisa menghancurkan satu siung bawang putih hingga menjadi lembut lalu mengoleskannya pada bagian yang sakit gigi. Anda juga bisa langsung mengunyahnya dan merasakan manfaatnya.

5. Es batu

Jika sakit gigi berasal dari pukulan yang membuat gigi trauma, Anda bisa meletakkan es batu yang dibungkus kain kasa di bagian luar pipi Anda. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit.
Selain menggunakan bahan-bahan yang tercantum di atas, tentu saja Anda harus menyesuaikan praktik kebersihan mulut Anda. Pasalnya, seringkali akar masalah gigi adalah kebersihan mulut dan mulut yang buruk.

Baca juga:Aplikasi WhatsApp Beta Untuk PC Windws Sudah Bisa Di Download

Jadi, biasakan untuk menyikat gigi secara teratur, minimal dua kali sehari, pagi dan sore. Gunakan sikat gigi berbulu lembut dengan pegangan yang rapi untuk sela-sela gigi Anda. Mereka yang memiliki gigi sensitif sebaiknya menggunakan pasta gigi khusus yang sensitif saat menyikat gigi.

Jika obat gigi alami sudah digunakan selama dua hari dan keluhan Anda tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter gigi Anda. Apalagi jika sakit gigi disertai gejala lain seperti demam, gusi merah, pipi dan rahang bengkak, sakit telinga, atau kesulitan bernapas dan menelan.

Demikian tips obat sakit gigi berlubang yang sudah tersedia dirumah.semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button