Inilah Cara Mengatasi Mimisan

Cara Mengatasi Mimisan – Mimisan adalah salah satu jenis pendarahan yang paling umum. Biasanya, mimisan tidak serius atau berbahaya. Namun mimisan ini sangat mengganggu dan pastinya tidak nyaman. Jangan khawatir, Anda bisa mengobati mimisan sendiri di rumah. Selain mencubit hidung selama beberapa menit, ada beberapa jenis obat yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah, serta obat-obatan yang bisa Anda dapatkan di apotek.

Namun, pada kasus mimisan yang parah, keparahan perdarahan jarang menjadi masalah darurat yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Jika Anda mengalami mimisan ringan, ada cara mudah untuk menghentikannya sendiri. Namun, jika darah dari hidung Anda tidak berhenti, Anda perlu ke dokter.

Mimisan biasanya tidak terlalu mengkhawatirkan dan Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah. Nah, sebelum minum obat apa pun untuk mimisan, Anda bisa langsung melakukan pengobatan awal mimisan berikut ini:

Baca juga:Cara Terbaik Mengatasi Telinga Kemasukan Air

1. Jangan panik

Jika darah keluar dari hidung Anda, cobalah untuk tetap tenang. Kepanikan yang Anda timbulkan sebenarnya dapat mengarah pada tindakan yang semakin mengiritasi hidung dan mencegah pembekuan.

2. Tekanan pada hidung

Setelah Anda mengatasi kepanikan, tekan hidung Anda dengan lembut. Cukup tekan pangkal hidung atau bagian tulang Anda dan tahan selama 10 menit jika memungkinkan. Cara ini adalah awal dari mengatasi mimisan yang terjadi pada Anda.

3. Ramping

Karena mengangkat kepala ke atas berbahaya jika Anda mengalami mimisan, Anda harus membungkuk ke depan. Hal ini dilakukan untuk mencegah darah mengalir ke tenggorokan Anda.

4. Jangan bersin

Saat darah masih mengalir, jangan mencoba bersin atau mengeluarkan darah dari hidung. Ini bisa membuat mimisan sulit dihentikan dan darah kering bisa mulai mengalir lagi.

Cara mengobati mimisan dengan obat alami

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah Anda sebagai obat mimisan. Apa saja komponen-komponen tersebut?

1. Kompres es

Setelah Anda menekan pangkal hidung dan darah mulai mengalir lebih sedikit, siapkan es batu dan bungkus dengan kain lembut.

Jangan pernah menaruh es batu langsung di hidung Anda, karena ini dapat merusak jaringan. Setelah membungkus es batu dengan kain, oleskan kompres ke bagian luar hidung Anda selama beberapa menit.

Menempatkan es batu yang dibungkus selembar kain dapat menghentikan pendarahan dengan mempersempit pembuluh darah di hidung Anda.

2. Air asin atau air garam

Mimisan dapat memiliki sejumlah penyebab. Beberapa udara sangat dingin dan kering. Untuk melakukan ini, Anda memerlukan pengobatan rumahan dalam bentuk air garam atau larutan garam untuk meredakan mimisan akibat udara dingin dan kering.

Air garam membantu melembabkan bagian dalam hidung dan mengurangi iritasi pada lapisan hidung. Garam juga efektif dalam mempersempit aliran pembuluh darah di hidung sehingga pendarahan berhenti.

Untuk mengobati mimisan dengan air garam, larutkan garam dalam air hangat. Kemudian basahi sepotong kapas dengan air garam. Sambil sedikit memiringkan kepala, teteskan air garam secukupnya dari kapas melalui lubang hidung Anda.

3. Daun sirih

Selama ini, Anda mungkin hanya mendengar tentang manfaat daun sirih yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati mimisan, dari orang tua atau orang yang Anda cintai.

Ternyata benar. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirih memiliki kemampuan untuk membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka, yang dapat Anda gunakan untuk menghentikan mimisan.

Daun sirih mengandung komponen seperti tanin dan banyak zat lain yang dapat mempercepat proses pembekuan darah sehingga mimisan berhenti dalam waktu singkat.

Selain itu, daun sirih dipercaya dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh juga. Tentu saja, semakin kuat daya tahan tubuh Anda, semakin cepat luka atau peradangan dalam tubuh akan sembuh.

Ambil satu atau dua lembar daun sirih yang sudah dibersihkan sebelumnya. Kemudian gulung daun sirih dan masukkan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah. Dorong perlahan dan jangan mendorong terlalu keras, karena ini hanya akan memperburuk hidung Anda. Tunggu beberapa saat dan darah perlahan akan berkurang.

Baca juga artikel tentang tumbuhan di Argarindo.com

4. Vitamin C

Vitamin C dikenal dengan banyak manfaat kesehatannya. Anda juga bisa memanfaatkan manfaat vitamin C untuk mengatasi mimisan.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh StatPearls, kekurangan vitamin C dapat mempengaruhi kekuatan kapiler, yang merupakan pembuluh darah terkecil di tubuh. Nah, pembuluh darah kapiler ini juga ada di dinding hidung, mimisan biasanya terjadi karena rusaknya pembuluh darah tersebut.

Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin C yang cukup memiliki kemampuan untuk memperkuat pembuluh darah yang rusak di hidung Anda.

Untuk mengobati mimisan karena cara kerjanya yang mempengaruhi proses pembekuan darah.

Namun, hindari menggunakan obat ini tanpa resep dokter. Pertama, tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda benar-benar membutuhkan obat ini atau tidak.

Kapan Anda harus menemui dokter dengan mimisan?

Langkah-langkah di atas dan penggunaan obat-obatan harus lebih dari cukup untuk mengobati mimisan. Namun, jika aliran darah berlanjut selama lebih dari 20 menit dan tindakan yang Anda lakukan tidak membuahkan hasil, maka Anda harus segera mencari bantuan medis dari dokter.

Jika Anda mengalami kesulitan bernapas, kehilangan banyak darah dari mimisan, menelan banyak darah dan muntah, dan mimisan disebabkan oleh mimisan serius atau kecelakaan, Anda juga harus menemui dokter untuk evaluasi dan perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button