perbandingan intel vs amd

Intel vs AMD manakah yang terbaik?

perbandingan intel vs amd – Perangkat komputasi, baik komputer desktop maupun laptop, tidak lepas dari komponen utama. Komponen macam apa ini? Ya, CPU. Pikiran utama dari setiap komputer yang Anda gunakan harus berada di perangkat Anda agar komputer dapat bekerja. Tentu saja, apa yang lebih panas saat ini daripada prosesor AMD vs Intel?

Kedua pabrikan ini dapat digambarkan sebagai penguasa pasar CPU yang beredar saat ini. Setiap produsen ingin menyediakan CPU dengan kualitas terbaik untuk setiap kebutuhan menggunakan teknologi mereka sendiri. Pembahasan dan perbandingan  intel vs amd kedua prosesor ini juga tidak ada habisnya, jika dilihat dari inovasi keduanya juga dilaksanakan secara berkesinambungan.

Bagi orang awam, CPU AMD akan sangat dekat dengan pembahasan tentang kemampuan menjalankan berbagai game. Di sisi lain, CPU Intel akan sangat dekat dengan multitasking dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan. Apakah ini nyata? Apakah AMD Dirancang Khusus Untuk Gaming Dan Intel Untuk Multitasking?

Baca juga: [TerUpdate] Harga Processor Intel Socket LGA 1200

Itu semua bermuara pada kebutuhan Anda. Tetapi untuk memberikan sedikit gambaran perbandingan intel vs amd , berikut adalah perbedaan antara kedua CPU tersebut. Keduanya memiliki keunggulan yang menarik, dan lebih banyak lagi di poin-poin berikut.

Spesifikasi Intel i3-10100 AMD Ryzen 3 3300X
Arsitektur Comet Lake Zen 2
Socket LGA1200 AM4
Cores / Threads 4 / 8 4 / 8
Frekuensi Dasar (GHz) 3.6 3.8
Frekuensi Boost (GHz) 4.3 4.3
L3 Cache 6 MB 16 MB
Process 14 nm 7 nm
TDP 65 W 65 W
Kecepatan Memori DDR4-2666 DDR4-3200
Memory Controller Dual-Channel Dual-Channel
Integrated Graphics Intel UHD Graphics 630
Kisaran Harga Rp 2.200.000,00 Rp 2.100.000,00

Game

Untuk pengujian CPU pemula di atas, kami tampilkan tabel performa FPS untuk kedua CPU tersebut di sini. Ketujuh game tersebut menggunakan pengaturan grafis maksimal, kecuali Red Dead Redemption 2 yang menggunakan pengaturan rendah. Resolusi yang digunakan adalah 1920 x 1080.

perbandingan intel vs amd

Berlawanan dengan hasil perbandingan antara Intel dan AMD generasi sebelumnya, kali ini AMD telah mengungguli Intel di dunia gaming. Dalam hal ini, Ryzen 3 3300X mendominasi tujuh game dengan perbedaan FPS sekitar 10% dibandingkan dengan i3-10100.

Baca juga: [LENGKAP] Harga Laptop Samsung Semua Seri 2021!

Overclocking

Untuk penggemar overclocking, kami mempersembahkan kepada Anda kinerja dua CPU yang di-overclock. Prosesor Intel i5-9600K dengan satu inti 3,7 GHz dapat ditingkatkan hingga 5 GHz, memberikan kinerja tambahan yang signifikan. Ryzen 5 3600X menggunakan perangkat lunak PBO (Precision Boost Overdrive), yang secara otomatis meng-overclock CPU berdasarkan kondisi. Pengaturan yang digunakan dalam pengujian tetap sama seperti sebelumnya.

1

2

Jika Anda ingin fokus pada pekerjaan yang membutuhkan banyak multitasking, lebih baik memilih CPU Intel sebagai mitra bisnis Anda. Intel mendefinisikan dirinya sebagai produsen CPU yang memiliki daya tahan tinggi dan dikenal stabil untuk diproses atau diproses dalam waktu yang lama. Namun, Anda tetap bisa mendapatkan performa yang sangat baik saat ingin bermain game sebagai selingan.
Jika Anda ingin lebih fokus pada grafis yang halus, lebih baik menggunakan prosesor AMD. Prosesor AMD tidak hanya lebih ekonomis, tetapi juga mendukung tampilan grafis di layar sehingga Anda dapat memberikan kualitas gambar yang lebih baik. AMD juga masih bisa menangani pekerjaan berat, mengingat kapasitas kerjanya juga tidak kecil. AMD adalah pilihan yang tepat untuk Anda dalam kategori ini. AMD vs Intel benar-benar akan bergulir, jadi nantikan apa yang akan terjadi dalam waktu dekat.