Home Investasi Wirausaha Mandiri Sebagai Solusi Perekonomian Mikro

Wirausaha Mandiri Sebagai Solusi Perekonomian Mikro

790
0
SHARE

Gambar wirausahaPermasalahan pengangguran di Indonesia akan terus berlangsung, namun bukan berarti pengangguran tidak dapat diatasi. Angka pengangguran yang terus bertambah seiring dengan laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat dapat diminimalisasi. Salah satu cara efektif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memulai  bidang wirausaha mandiri. Seseorang dapat membuka lapangan kerja sesuai dengan keahliannya dan kesenangannya akan bidang bisnis yang diminati. Disaat kita berbicara tentang wirausaha mandiri, faktor tingkatan pendidikan sangat penting namun tidak begitu berpengaruh karena dalam berwirausaha seseorang yang memiliki pengalaman banyak tanpa mengalami tingkat pendidikan yang tinggi dapat memulai untuk berwirausaha.

Sejumlah  kalangan yakin bahwa pengembangan potensi wirausaha mandiri dapat menjadi salah satu solusi penguatan pilar perekonomian Indonesia ke depan, khususnya sektor ekonomi mikro. Menurut salah seorang wirausahawan nasional, Ciputra, untuk menjadi negara maju, perbandingan jumlah wirausahawan dengan jumlah penduduk sebuah negara setidaknya 2%.

Di Indonesia sendiri, saat ini perbandingan jumlah wirausahawan terhadap jumlah penduduk tak mencapai 1%. Hal ini terlihat bahwa penduduk Indonesia kurang memanfaatkan keadaan, yaitu dengan tingkat peluang yang masih sangat besar untuk memulai wirausaha mandiri namun kurang dimanfaatkan. Pemanfaatan pengusaha sebagai alternatif pekerjaan yang cukup efektif ini merupakan salah satu peningkatan ekonomi mikro, yang dimana ekonomi mikro itu sendiri merupakan salah satu pondasi ekonomi negara yang juga dapatmenekan laju inflasi secara tidak langsung.

Untuk memperbaiki rasio itu, salah satu solusinya dengan meningkatkan partisipasi dan sinergi antara pemerintah, perbankan, dan masyarakat. Bahkan diperkirakan, jika hal itu berjalan dengan baik, bukan tak mungkin akan menjadikan  wirausaha mandiri atau enterpreneurship menjadi sebuah instrumen gerakan nasional yang akan mengangkat pertumbuhan ekonomi mikro dan ukm Indonesia.

Wirausaha mandiri merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas serta kuantitas sektor riil yang sangat dibutuhkan ketika ekonomi Indonesia yang sedang menurun. peningkatan sektor riil ini sendiri juga merupakan persiapan menghadapi pasar bebas AC-FTA yang sudah ditandatangani oleh Indonesia beserta 9 negara di ASEAN dengan China.

Dilihat dari manfaat yang diberikan, wirausaha mandiri secara tidak langsung dapat memengaruhi seseorang untuk mandiri dalam hal keuangan dan memberikan pengaruh yang sangat positif bagi lingkungan sekitar dan perekonomian mikro di dalam negeri. Dengan berwirausaha, seseorang akan memberikan peluang bekerja minimal kepada satu orang lain yang bekerja dalam bisnis yang dijalankan secara nyata. Oleh karena itu, berwirausaha merupakan langkah nyata yang dapat memengaruhi penurunkan angka pengangguran di Indonesia seiring dengan laju pertumbuhan penduduk yang semakin hari semakin bertambah. Maka bidang wirausaha mandiri di Indonesia harus digerakkan agar tingkat pengangguran semakin berkurang dan memacu peningkatan sektor ekonomi mikro.