Home ANALISA SAHAM ANALISA FUNDAMENTAL Wall Street sebagian besar berakhir naik setelah “banjir” laba

Wall Street sebagian besar berakhir naik setelah “banjir” laba

883
0
SHARE

wall-streetSaham-saham di Wall Street mengakhiri pekan singkat pada Kamis (Jumat pagi WIB), sebagian besar lebih tinggi setelah sejumlah laporan laba umumnya memenuhi atau melampaui harapan.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 16,31 poin (0,10 persen) menjadi ditutup pada 16.408,54.

Indeks berbasis luas S&P 500 berakhir menguat 2,54 poin (0,14 persen) menjadi 1.864,85, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq naik 9,29 poin (0,23 persen) menjadi 4.095,52.

Laporan-laporan laba utama berasal dari berbagai perusahaan keuangan, barang konsumsi, industri dan segmen perekonomian lainnya.

Dari 84 anggota S&P 500 untuk laporan laba sejauh ini, 53 telah melampaui harapan, 22 tidak sesuai harapan dan sembilan memenuhi harapan, menurut sebuah laporan oleh S&P Capital IQ.

“Pada keseimbangan, meskipun ada beberapa perusahaan ternama yang mengecewakan, seperti JPMorgan dan IBM, musim laba telah lebih baik dari yang diperkirakan,” kata Art Hogan, kepala strategi pasar di Wunderlich Securities.

Pasar mendapat pengangkat dari Sina Weibo, sebuah situs micro-blogging Tiongkok seperti Twitter, yang melonjak 19,1 persen menjadi 20,24 dolar AS di hari pertama perdagangan setelah IPO-nya menghimpun dana kurang dari yang diharapkan perusahaan.

Di antara perusahaan-perusahaan yang melaporkan laba, Morgan Stanley yang menonjol, meningkat 2,9 persen karena labanya melonjak 56 persen menjadi 1,5 miliar dolar AS dan melampaui harapan dengan margin lebar.

General Electric, komponen Dow, juga memiliki hari yang baik, bertambah 1,7 persen karena labanya melebihi perkiraan analis satu sen pada 33 sen per saham.

Kinerja yang kuat datang dari beberapa divisi industri GE paling penting, termasuk penerbangan serta pembangkit listrik dan air.

SanDisk, pembuat kartu memori dan teknologi penyimpanan data lainnya, melonjak 9,4 persen karena labanya melonjak 62 persen menjadi 269 juta dolar AS.

Namun Google meleset dari perkiraan analis sebesar 13 sen pada 6,27 dolar AS per saham. Google, yang mencatat kenaikan laba bersih 32 persen menjadi 3,45 miliar dolar AS, turun 3,7 persen.

IBM melaporkan penurunan 21 persen pada laba kuartal pertama dan mengatakan pendapatannya menurun untuk kuartal kedelapan berturut-turut. Investor menghukum komponen Dow ini, mengirimnya 3,3 persen lebih rendah.

Mattel, perusahaan berkinerja buruk lainnya, melaporkan kerugian tiga sen per saham ketika analis telah memproyeksikan keuntungan sembilan sen per saham. Penjualan pembuat mainan ikon boneka “Barbie” ini merosot 14 persen. Saham Mattel turun 1,1 persen.

Harga obligasi turun. Imbal hasil pada obligasi 10-tahun pemerintah AS naik menjadi 2,72 persen dari 2,64 persen pada Rabu, sementara pada obligasi 30-tahun meningkat menjadi 3,52 persen dari

3,45 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik.