Home Saham Aktual Utang Luar Negeri Bisa Berimbas Terhadap Bursa Saham

Utang Luar Negeri Bisa Berimbas Terhadap Bursa Saham

774
0
SHARE

Pada perdagangan bursa saham, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih bervariasi namun masih berpotensi terus mendapatkan tekanan. Hal tersebut bisa terlihat sejak perdagangan bursa saham sebelumnya. laju ihsg di prediksi masih akan bergerak di support 5.340 dan resistance 5.470. selain itu juga masih banyaknya aksi  ambil untung yang dilakukan oleh investor asing semakin membuat laju ihsg tertekan karena sentimen domestik masih minim untuk mengangkat laju bursa saham. Hal ini sehingga membuat pelemahan terhadap laju ihsg.

Pada perdagangan saham kemarin, IHSG terlihat bergerak melemah sekitar 0.18% ke level 5.417. pelemahan tersebut karena aksi jual investor asing. Investor asing melakukan aksi jual bersih Rp 163,18 miliar. Selain itu pelemahan ihsg terjadi karena Kondisi keuangan indonesia terutama masalah utang luar negeri indonesia. BI merilis data Utang Luar Negeri indonesia pada kuartal II 2016 sekitar US$ 323,8 miliar atau tumbuh 6,2%. Angka tersebut mengalami kenaikan sekitar 36.8% dari total utang luar negeri indonesia pada kuarta I 2016.

Selain itu, pelemahan ihsg di picu juga bursa saham asia yang terlihat mengalami tekanan. Tekanan di bursa saham asia karena di pengaruhi harga minyak dunia yang terus tergerus seiring dengan kekhawatiran kenaikan pengiriman minyak dari Iran dan Nigeria. Kondisi harga komoditas saat ini sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap pola gerak IHSG. Namun di perkirakan ihsg masih akan terbantu oleh transaksi investor asing yang masih memiliki kepercayaan untuk berinvestasi di indonesia