Home PASAR SAHAM Tugas Pemerintah Untuk Menjaga Kepercayaan Investor Asing

Tugas Pemerintah Untuk Menjaga Kepercayaan Investor Asing

477
0
SHARE

Dalam mengeluarkan kebijakan, Pemerintah harus tetap berhati hati terutama jika kebijakan yang bisa memicu keluarnya dana asing dai Indonesia. selain itu memang sudah menjadi tugas pemerintah untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan investor asing sehingga investor asing akan merasa nyaman dan percaya jika berinvestasi di Indonesia. karena sampai saat ini investor asing masih unggul dibandingkan dengan investor dalam negeri.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, aliran dana asing memang memiliki pengaruh untuk perekonomian dalam negeri. Dana tersebut turut mempengaruhi nilau tukar rupiah dan juga Harga Saham. Kita juga memang sudah melihat, saat di perdagangan saham, dana dari investor asing yang masuk bisa membuat saham dan obligasi menguat begitu juga dengan nilai tukar rupiah yang ikut menguat. Namun jika dana asing keluar Rupiah akan terseret melemah dan ihsg menjadi menurun.

Dominasi dari Dana luar negeri memang sangat sulit untuk dihilangkan karena ikut menyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia terlebih lagi Ekonomi Indonesia menyumbang 1% untuk perekonomian global. Bukan hanya indonesia yang mengandalkan dana asing, Negara maju seperti Amerika dan China juga ada aliran dana asing dan menyumbang 30% perekonomian Dunia