Home PASAR SAHAM TLKM Bersiap Akuisisi Tiga Perusahaan Asing

TLKM Bersiap Akuisisi Tiga Perusahaan Asing

216
0
SHARE

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) berencana untuk melanjutkan ekspansi mereka secara anorganik. Tidak lama lagi, rencana tersebut akan memasuki tahap akhir. Bagian dari rencana tersebut nantinya akan ada tiga perusahaan yang akan diakuisisi. Ketiga perusahaan tersebut meruapakan perusahaan asing.

Perusahaan asing tersebut berasal dari Malaysia dan salah satu perusahaan tersebut ada yang listed dibursa Singapura. Perusahaan mengharapkan ini closing disisa akhir tahun ini. TLKM masih belum membeberkan secara rinci identitas ketiga perusahaan tersebut. Namun yang pasti ketiga perusahaan bergerak disektor financial technology (fintech) dan satelit.

Diperkirakan nilai pasar ketiga perusahaan tersebut mencapai diatas Rp 10 triliun. TLKM akan menyediakan dana sebesar Rp 5 triliun untuk bisa menjadi bagian dari ketiga perusahaan tersebut, dan tidak melulu menjadi pemegang saham mayoritas.

Perlu diketahui, TLKM kini sedang mengevaluasi sekitar 10 inisiatif merger dan akuisisi. Selain rencana akuisisi, TLKM juga nantinya akan meningkatkan porsi bisnis menara melalui anak usahanya yaitu PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel).

TLKM nantinya akan menyatukan bisnis Mitratel dengan anak usaha lainnya yaitu PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel). Proses ini diharapkan bisa berjalan pada 2018 mendatang. Setelah proses ini selesai, TLKM berencana untuk mengakuisisi perusahaan lain. Sehingga valuasi Mitratel bisa semakin besar. Sebab kini Mitratel adalah perusahaan menara terbesar ketiga di Indonesia