Home Obligasi Tiongkok Tambah Kepemilikan Obligasi AS

Tiongkok Tambah Kepemilikan Obligasi AS

648
0
SHARE
Obligasi China
Obligasi

Tiongkok sebagai negara kreditor terbesar bagi AS telah menambah kepemilikan obligasi AS sebesar US$ 7,9 miliar, sehingga kepemilikan obligasi Tiongkok pada Oktober menjadi US$ 1,1615 triliun.

Jepang yang merupakan kreditor terbesar kedua juga menambah kepemilikan obligasi AS pada Oktober. Jepang telah menaikkan kepemilikan obligasi AS selama tujuh bulan berturut-turut. Saat ini obligasi AS yang dipegang Jepang masih lebih rendah US$ 26,8 miliar daripada yang dipegang Tiongkok.

Departemen Keuangan AS menyatakan, kreditor utama umumnya telah menambah kepemilikan obligasi AS pada Oktober, yang jumlahnya adalah sebesar US$ 5,4822 triliun, yaitu rekor tertinggi dalam sejarah. Akan tetapi laju peningkatan nyata melamban akibat “jurang fiskal” AS yang telah memberikan dampak negatif pada kepercayaan investor.

Menanggapi penambahan atau pengurangan kepemilikan obligasi AS, Tiongkok telah berulang kali menegaskan, pasar AS adalah pasar penting bagi Tiongkok. Tiongkok melakukan penambahan atau sebaliknya hanya dengan menurut fluktuasi yang terjadi di pasar, dan hal ini tidak perlu ditafsirkan secara politik.