Home Saham Aktual Tidak Taat Aturan, BEI Perpanjang Suspensi 8 Saham

Tidak Taat Aturan, BEI Perpanjang Suspensi 8 Saham

276
0
SHARE

Pasar saham Indonesia akhir-akhir ini banyak memberikan kejutan. Terutama terkait masalah emiten bermasalah di bursa. Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan delisting saham ke empat perusahaan. Ke empat perusahaan tersebut adalah PT Inovisi Infracom (INVS), PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU), PT Permata Prima Sakti Tbk (TKGA), PT Citra Maharlika Nusantara Corpora Tbk (CPGT).

Belum lama ini Bursa juga memperpanjang penghentian sementara perdagangan (suspensi) terhadap delapan perusahaan terhitung mulai sesi I perdagangan Selasa (31/10). Suspensi tersebut diberikan karena perusahaan tersebut belum memberikan laporan keuangan per 30 Juni 2017 dan ada yang belum membayar denda

Suspensi diberikan dipasar reguler dan pasar tunai. Karena tidak taat terhadap aturan yang ada di BEI terpaksa emiten harus diberikan tindakan tegas berupa suspensi. Adapun delapan perusahaan yang terkena suspensi antara lain :

  1. PT Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk (BORN)
  2. PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU)
  3. PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL)
  4. PT Eterindo Wahanatama Tbk (ETWA)
  5. PT Capitalinc Investment Tbk (MTFN)
  6. PT Permata Prima Sakti Tbk (TKGA)
  7. PT Evergreen Invesco Tbk (GREN)
  8. PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA)

Kedelapan saham tersebut sudah disuspensi dengan kurun waktu yang berbeda. Seperti, Saham BORN yang sudah dikunci sejak Juni 2015. Lalu ketujuh saham lainnya disuspensi pada tahun ini.

Selain itu, saham BRAU dan TKGA juga kini sedang dalam proses delisting dari bursa. Keduanya akan didepak dari bursa pada 16 November 2017