Home Obligasi Tahun ini, Dua BUMN Siap Terbitkan Komodo Bond

Tahun ini, Dua BUMN Siap Terbitkan Komodo Bond

395
0
SHARE
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sebelumnya dua perusahaan plat merah PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) menerbitkan komodo bond.

Nantinya akan ada lagi satu hingga dua perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) yang akan menerbitkan obligasi global berdenominasi rupiah. Pelaksanaan surat utang bertajuk komodo bond pada tahun 2018 ini.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno menjelaskan, rencana penerbitan obligasi ini masih dalam tahap persiapan. Pihaknya mentargetkan April atau Mei nanti dengan menggunakan tahun buku Desember 2017.

Menteri BUMN tersebut masih belum menjelaskan secara rinci nama perusahaan yang akan menerbitkan komodo bond berikutnya. Namun perusahaan yang dimaksud masih ada kaitannya dengan infrastruktur.

Rini juga berharap perusahaan seperti PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) juga ikut menerbitkan komodo bond karena dianggap sebagai maskapai flag carrier sehingga memiliki prospek untuk pasar mengenal GIAA.

Namun sebelum meluncurkan komodo bond, keuangan GIAA harus sehat. Sebab perusahaan penerbangan ini masih merugi, sehingga masih membutuhkan waktu untuk menerbitkan komodo bond tahun depan.

Untuk bisa menciptakan pasar komodo bond yang aktif tidak bisa mengandalkan dua surat utang. Minimal ada tiga sampai empat BUMN yang menerbitkan surat utang ini, sehingga investor semangat berinvestasi. Diharapkan dengan adanya komodo bond ini bisa menarik minat investor.

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) sudah memberikan kesempatan untuk BUMN lain menerbitkan komodo bond. Diharapkan nantinya akan semakin banyak lagi perusahaan BUMN yang menerbitkan komodo bond.