Home INVESTASI SAHAM Ekonomi Mikro & Makro Start Up Bisa Manfaatkan Pasar Modal Untuk Pendanaan

Start Up Bisa Manfaatkan Pasar Modal Untuk Pendanaan

375
0
SHARE

Permodalan merupakan tantangan utama bagi para pelaku usaha rintisan atau start up di Indonesia. Salah satu langkan untuk mendapatkan dukungan pendanaan adalah dengan menggandeng investor strategis untuk mendapatkan modal ventura. Namun ada cara lain yang cukup menantang yaitu melalui pasar modal.

Sudah ada perusahaan startup yang mencoba pasar modal untuk meningkatkan pendanaan. PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS) sudah mencobanya. Pada awal bulan ini, tepatnya Kamis (5/10) KIOS mencatatkan namanya dibursa melalui penawaran saham perdana atau initial offering public (IPO) dipasar modal domestik. KIOS berhasil mencatatkan sejarah baru untuk pertama kalinya Startup di Indonesia menggunakan jalur IPO untuk menghimpun modal.

Saat ini sudah ada beberapa perusahaan rintisan yang berencana untuk masuk Bursa Efek Indonesia (BEI). Beberapa perusahaan startup sudah ada yang berkomunikasi ke bursa. Sepertinya sudah ada komunikasi terjalin antara KIOS dengan starup lainnya mengenai pasar modal sebagai pengembangan usaha.

Perusahaan Starup cukup menarik dimata investor karena menggambarkan ekspetasi pengembangan perusahaan. Hal ini bisa terlihat dari pergerakan harga saham KIOS. Saat IPO harga saham KIOS Rp 560 per saham. seminggu kemudian harga saham meroket 279% menjadi Rp 2.120 persaham

Startup lain bisa mencontoh KIOS untuk mendapatkan dana segar dari pasar modal. BEI juga mendukung startup lain untuk masuk bursa dengan meluncurkan program IDX Incubator. Melalui program ini juga ada satu perusahaan Startup yang bersiap IPO ditahun 2018.