Home Investasi SMMT Ekspansi Bisnis Pembangkit Listrik

SMMT Ekspansi Bisnis Pembangkit Listrik

577
0
SHARE
informasi analisa saham hari ini

PT Golden Eagle Energy Tbk (SMMT) sudah memiliki rencana untuk melakukan diversifikasi bisnis. Golden Eagle yang merupakan Entitas dari Rajawali Group tersebut berenncana akan ekspansi bisnis ke sektor pembangkit listrik mulut tambang. Nantinya SMMT akan mengikuti konsorsium bersama dengan tiga perusahaan lainnya termasuk dua perusahaan asing untuk membangun pembangkit listrik berkapasitas 300-600 megawatt (MW) dengan nilai investasi mencapai US$ 360 juta–US$ 720 juta.

Dana yang dibutuhkan SMMT dalam membangun pembangkit listrik tersebut mencapai US$ 1 juta-US$ 1,2 juta per MW. Namun SMMT tidak akan menjadi pemegang saham mayoritas didalam konsorsium tersebut. walau demikian, SMMT masih bisa mendapatkan benefit karena dengan bergabungnya dalam konsorsium tersebut, Emiten bisa menyuplai batubara ke pembangkit listrik tersebut. sehingga SMMT akan menjadi menyuplai batubara sekaaligus menjadi pemegang saham.

Sudah ada 3 proyek yang di incar dalam konsorsium tersebut, diantaranya, Sumsel I dengan kapasitas 300 MW, Sumsel 6 berkapasitas 600 MW dan Sumbagsel 1 berkapasitas 300 MW. Samapi saat ini, komunikasi intensif masih terus dilakukan dengan PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) agar bisa dipilih pengembang pembangkit listrik independent.

SMMT juga sudah selesai melakukan feasibility study (FS) terkait sejumlah proyek tersebut. perusahaan mempunyai tambang batubara di Sumatera Selatan melalui anak usahanya yaitu PT Ariyani. Tambang batubara perseroan memiliki resources sebanyak 406 juta ton dan cadangan sebanyak 257 juta ton.