Home Uncategorized Setelah IPO, MDKI Percepat Ekspansi

Setelah IPO, MDKI Percepat Ekspansi

643
0
SHARE

PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) siap untuk memulai ekspansi nya setelah berhasil melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (25/9). Nantinya perusahaan akan menggunakan 73,91% dana yang didapat saat IPO untuk belanja modal perusahaan.

Nantinya belanja modal akan dialokasikan sekitar 48,96% untuk pembangunan pabrik high grade silica alloy dan sisanya 24,95% akan dipergunakan untuk membangun pabrik carbide desulphuriser. Pembangunan pabrik tersebut adalah salah satu langkah perusahaan untuk bisa melakukan diversifikasi usaha.

Hiskak Secakusuma, Direktur Utama MDKI mengatakan, pihaknya nanti akan melakukan diversifikasi ke dua produk baru dengan membangun dua pabrik baru, turunan karbit. Selain itu, pihaknya juga masih berencana untuk tetap memeprtahankan komposisi yang lama. “jelasnya”

Sama seperti pabrik MDKI yang lain, pabrik baru tersebut juga rencananya akan beroperasi di wilayah Gresik, Jawa Timur. Dalam proses pembangunan pabrik high grade silica alloy diperkirakan akan menghabiskan biaya sekitar Rp 80 miliar sampai Rp 90 miliar. Sementara untuk pembangunan pabrik desulphuriser membutuhkan pendanaan sekitar Rp 44 miliar.

Nantinya pabrik tersebut akan menghasilkan masing masing high grade silica alloy sebesar 6.500 ton per tahun dan desulphuriser sebesar 6.000 ton per tahun. Kedua bahan tersebut merupakan bahan aditif yang akan digunakan untuk industri baja.

Langkah melakukan diversifikasi ini merupakan cara perusahaan untuk bisa memperkokoh pertumbuhan penjualan, karena jika perushaan hanya berpegang pada core bussiness MDKI saja, yaitu produksi kalsium karbida. Maka per tahunnya perushaan tidak bisa mencatatkan pertumbuhan hingga dua digit.