Home Saham Aktual Berita Saham Semenjak IPO, Harga Saham Emdeki Anjlok 57%

Semenjak IPO, Harga Saham Emdeki Anjlok 57%

301
0
SHARE
informasi harga saham hari ini

Hampir sebulan melaksanakan Initial Public Offering (IPO), harga saham PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) terpantau anjlok 57%. Pada penutupan perdagangan sesi pertama, Senin (23/10) kemarin, Saham MDKI tercatat berada dilevel Rp 258 persaham. Sebelumnya, pada gelaran penawaran saham perdana, emiten dari sektor industri ini melepas saham seharga Rp 600 per saham.

Analis Semesta Indovest, Aditya Perdana Putra mengatakan, jika IPO non strategic memang seperti MDKI, Barang tidak ada yang pooling, penyebaran rata, namun pada akhirnya tidak ada yang jaga harganya. Mekanisme seperti ini juga yang selanjutnya akan menentukan capital gain dari sebuah saham.

Melihat dari segi fundamental, MDKI masih cukup kuat. Dalam prospektusnya , MDKI mencatatkan pendapatan per 31 Maret 2017 sebesar Rp 77.41 miliar. Pendapatan tersebut turun tipis dibandingkan pendapatan diperiode yang sama tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 78,64 miliar. Walau demikian, emiten masih mencatatkan laba bersih diperiode berjalan sebesar Rp 14.74 miliar.

Kinerja keuangan MDKI juga masih cukup baik jika dibandingkan dengan emiten lainnya. Seperti, PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS) yang menorehkan pendapatan per 31 Maret 2017 sebesar Rp 25.96 miliar. Namun KIOS masih mencatat kerugian sebesar Rp 4,45 miliar.