Home Saham Sektor Industri Topang Penguatan IHSG

Sektor Industri Topang Penguatan IHSG

471
0
SHARE

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan ini menguat pada perdagangan saham. Hal tersebut karena adanya kenaikan sektor saham industri dasar yang menguat sekitar 4.7%. setelah sebelumnya IHSG sempat anjlok pada perdagangan saham.

Dipekan kemain, IHSG berhasil menguat tipis 1.1% ke posisi 6.126. penguatan itu didorong juga oleh indeks saham LQ45 yang menguat 1.15% mengikuti kenaikan IHSG. Namun pada sesi perdagangan, investor asing melakukan aksi jual beli saham yang mencapai USD 15 juta atau setara dengan Rp 217,27 miliar.

Disisi lain, pasar surat utang atau obligasi , indeks obligasi melemah 0.4%. pelemahan tersebut imbas dari surat utang pemerintah bertenor 10 berada di posisi 8%. Selain itu, ada juga aksi jual obligasi oleh investor asing sebesar USD 45 juta atau sekitar Rp 651,74 miliar. Selain itu nilai tukar rupiah melemah ke posisi 14.480 per dolar AS.

IHSG masih dibayangi oleh berbagai sentimen di bursa saham global. Seperti Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping sepakat untuk melakukan gencatan selama 90 hari ke depan terkait perang dagang. Namun IHSG masih memiliki kesempatan untuk menaik karena didorong oleh sektor industri yang terus memberikan hasil positif.