Home Reksadana Sebab Reksadana Saham Kalah Bersaing

Sebab Reksadana Saham Kalah Bersaing

602
0
SHARE

Reksadana saham. KONTAN/Baihaki/07/03/2017

IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) sejauh ini memang dalam fase naik, namun sama sekali tak sejalan dengan saham dari reksadana.

Dalam data yang dirilis Infovesta Utama, angka perkiraan dari reksadana saham yang tertuang di Infovesta Equity Fund Index mengalami kenaikan 5,92% year terhitung bulan Juli 2017. Namun kinerja reksadana saham kini masih ada di posisi kedua, kalah bersaing dengan return reksadana pendapatan tetap yang mana mampu tembus 5,93%.

Soni Wibowo selaku direktur Bahana TCW Investment Management memberikan keterangan, indeks reksadana saham sementara ini masih kalah bersaing dari indeks reksadana pendapatan tetap mengingat banyak sekali emiten small caps yang menjalankan IPO (initial public offering) di tahun ini, serta mayoritas fund manager sama sekali tak memiliki emiten itu di dalam portofolio mereka.

Inilah salah satu sebab mengapa kinerja reksadana saham sementara ini tertinggal dari saham lainnya,” ungkap Soni.

Tapi sampai dengan akhir tahun ini, Soni juga masih meyakini kalau reksadana saham kedepannya akan melebihi reksadana yang bergerak di bidang obligasi.

Dalam pandangan lain, yang dikemukakan Jemmy Paul Wawointana selaku Direktur Investasi dari PT Sucorinvest Asset Management Indonesia, total return reksadana yang ada di Sucorinvest masih dikuasai reksadana saham, namun reksadana pendapatan unggul aset kelasnya dari segi total pemasukannya.