Home INVESTASI SAHAM Ekonomi Mikro & Makro Saham Perbankan Masih Punya Prospek Cerah

Saham Perbankan Masih Punya Prospek Cerah

118
0
SHARE

Disepanjang tahun ini, Emiten perbankan dengan kapitalisasi pasar besar di Bursa Efek Indonesia (BEI) berhasil membukukan kenaikan laba tinggi hingga kuartal  tiga tahun ini. melihat secara fundamental, saham perbankan memang sangat menarik untuk jangka panjang. Namun untuk jangka pendek, valuasi saham bank terbilang cukup mahal.

Terhitung sejak Januari sampai September, beberapa bank mencatatkan kenaikan laba bersih seperti, Laba Bank Negara Indoneisa (BBNI) tumbuh lebih tinggi, 31,6% year on year (yoy), lalu Bank Mandiri (BMRI) mencatatkan kenaikan laba bersih sampai 25,4% (yoy), laba Bank Rakyat Indonesia (BBRI) 8,27% (yoy) dan laba bersih Bank Central Asia (BBCA) sebesar 11,3% (yoy)

Namun valuasi saham dari emiten perbankan ini cukup mahal untuk investasi jangka pendek. Namun karena fundamental perbankan yang baik, saham bank masih sangat menarik untuk investasi jangka menengah dan panjang. Namun diperkirakan,  pada akhir tahun nanti,  kenaikan harga saham bank mulai terbatas. Tapi tahun depan, ia memprediksikan, saham bank bisa naik 5%–10%.

Saham perbankan masih memiliki prospek cerah untuk tahun depan. Sebab saham ini termasuk kedalam saham yang bergerak mengikuti siklus. Ditambah dengan saat ini siklus ekonomi nasional yang sedang dalam tren positif.

Jika investor ingin berinvestasi pada saham bank, ada baiknya memilih bank yang memiliki segmen kuat di bisnis inti, seperti, BMRI dengan konsumer, BBRI di Makro dan BBCA cukup bagus dalam manajemen likuiditas dan BBTN yang cukup menarik