Home Saham Aktual Berita Saham Saham Gocap Akan Dihilangkan, Berdampak Terhadap Laju IHSG

Saham Gocap Akan Dihilangkan, Berdampak Terhadap Laju IHSG

507
0
SHARE

Adanya indikasi untuk menghilangkan batas saham Rp 50 atau biasa dikenal dengan saham Gocap semakin sunter terdengar. Setelah dilakukan uji coba, dampak terhadap laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih minim. Jika di kelaurkan, Indeks memang bisa menurun sekitar 0.15%. saat pengujian, di lakukan dengan fraksi harga yang saat ini.

Sebelumnya Bursa melakukan pengujian atau mock trading dan melihat dampaknya terhadap laju IHSG jika batas gocap dihilangkan. Pengujian tersebut dilakukan menggunakan fraksi harga yang saat ini Fraksi tersebut membagi rentang harga saham kedalam lima bagian. Dengan detail  Rp 50-Rp 200 (fraksi Rp 1 maksimum perubahan Rp 10) berlaku kelipatan. Nantinya saat harga saham gocap dibuka, nanti harga dibawah Rp 50 tidak bisa ditransaksikan di pasar negosiasi tapi reguler.

Namun yang dibutuhkan adalah fraksi harga saham baru yang bisa memberikan pergerakan terhadap saham sehingga mampu meminimalisir kenaikan atau penurunan gain yang tidak logis. Menanggapi hal tersebut BEI terus melakukan kajian dan juga proses yang dilakukan sangat panjang dan perlu mendapatkan ini otoritas jasa keuangn (OJK) untuk bisa menghilangkan saham gocap. Namun secara keseluruhan penghapusan saham gocap tidak membebani IHSG, karena harga saham di bawah Rp 50 jumlah nya sangat dikit