Home ANALISA SAHAM Saham Freeport Anjlok

Saham Freeport Anjlok

584
0
SHARE

Maraknya pemberitaan terkait masalah yang sedang dihadapi oleh PT Freeport Indonesia sampai saat ini masih terus berlanjut, dari membuat saham perusahaan induknya, yakni PT Freeport McMoRan anjlok selama bulan Februari 2017 ini.

PT Freeport Indonesia sekarang ini sudah menghentikan dari produksinya, sebab belum mau menerima kembali rekomendasi izin untuk ekspor yang diberikan dari pihak Kementerian ESDM.

Jika ingin mendapatkan izin ekspor tersebut, PT Freeport Indonesia harus segera mengubah statusnya yang sebelumnya KK (Kontrak Karya) berubah dengan nama IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus). PT Freeport Indonesia sampai saat ini masih belum bersedia untuk menerima klausul IUPK sebagai tawaran yang diberikan pemerintah.

Pada akhirnya, produksi untuk konsentrat saat ini menumpuk dan kesulitan untuk diekspor. Sementara dari Smelter (pabrik pemurnian ) yang ada di Gresik hanya biasa menyerap 40% konsentrat itu pun setop produksi sebab ada masalah dengan aksi mogok karyawan.

kondisi saham Freeport McMoRan pada bulan Februari 2017 anjlok, dari harga sebelumnya sebesar US$ 16,89/lembar pada awal bulan Februari, saat ini berada di US$ 14,13/lembar untuk 21 Februari 2017.

Dari keterangan Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan, beliau mengatakan sikap pemerintah pada PT Freeport Indonesia sudah sesuai dengan prosedur dengan ketetapan Undang-Undang No.4 Tahun 2009 yang membahas tentang Minerba (Mineral dan Batu Bara).