Home ANALISA SAHAM Saham di Sulut Berhasil Menembus Rp 2 Triliun

Saham di Sulut Berhasil Menembus Rp 2 Triliun

800
0
SHARE

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat lonjakan nilai transaksi perdagangan saham di Sulawesi Utara selama 2016. Fonny The, Kepala Perwakilan BEI Manado, menyampaikan tahun lalu transaksi perdagangan saham di Sulawesi Utara meraih Rp2 triliun. Angka itu adalah yang paling tinggi selama histori atau all time high.

Transaksi saham diprediksikan akan masih dalam kenaikan searah dengan trend indeks harga saham paduan (IHSG) yang tengah bullish serta pernah menyentuh rekor paling tinggi sepanjang waktu.

” Rata-rata cuma Rp1 triliun. Terkecuali lantaran IHSG yang mencatat rekor all time high, trader saham juga saat ini mulai banyak, ” tuturnya di Manado, Jumat (31/3/2017).

Untuk di ketahui, pada 24 Maret 2017 lantas IHSG cetak rekor paling tinggi selama sejarah di level 5. 567. Kemarin, IHSG juga meyentuh level 5. 592, mengenai per jam 16. 17 WITA, IHSG bertengger di level 5. 588. Kenaikan IHSG juga mengerek kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia menembus Rp6. 050 trilun, terpaut tipis dengan nilai aset perbankan yang meraih Rp6. 350 triliun.

Kenaikan nilai transaksi menurut Fonny juga ditopang oleh kenaikan jumlah investor. Pada 2016, jumlah single investor identification atau SID di Sulawesi Utara naik 42% jadi 5. 425 sedang per Februari 2017 jumlah merangkak jadi 5. 479.

Dia menuturan, sistem pembukan rekening yang memakai waktu sampai dua pekan jadi salah satu kendala untuk perkembangan jumlah investor di propinsi Nyiur Melambai itu.

Di segi lain, kurun waktu dekat akan ada tiga perusahaan sekuritas baru yang buka kantor di Manado. Fonny mengatakan, penambahan tiga sekuritas akan menggenapkan jumlah sekuritas yang beroperasi jadi delapan. Mengenai tiga sekuritas yang akan ekspansi ke Manado yaitu Phintraco Securities, RHB Securities, serta Valbury Securities.