Home PASAR SAHAM Saham di Sulsel Tumbuh 7, 8 Persen

Saham di Sulsel Tumbuh 7, 8 Persen

809
0
SHARE

Investor pemilik efek (saham) sampai akhir Maret 2017 tercatat sejumlah 7. 912 orang atau naik 7, 8 % di banding periode yang sama tahun 2016 cuma 6. 000 orang.

” Dari jumlah tersebut tercatat sejumlah 5. 680 investor yang bertempat di Kota Makasar atau yang paling besar di Propinsi Susel, ” kata Kepala Unit Pengembangan Layanan Infrastruktur Investasi (KSEI) Amrizal di Makassar, Jumat 14/4/2017.

Dia menyampaikan, dengan jumlah investor efek itu akhir Maret 2017 sudah meletakkan Sulsel pada posisi ke-11 dari 34 propinsi di Indonesia. Sesaat jumlah investor di Pasar Modal Indonesia keseluruhannya sampai akhir Maret 2017 meraih kurang lebih 950 ribu investor.

” Untuk tingkatkan jumlah investor, beberapa sarana serta prasarana telah kami siapkan, salah satunya meluncurkan system pengelolaan investasi terpadu (s-invest), ” tuturnya.

Untuk inisiatif tahun yang akan datang, lanjut dia, KSEI berencana aplikasi ” electronic voting (e-voting) untuk mengakomodasi pemakaian hak nada investor dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), tanpa ada perlu hadirnya investor secara fisik.

Dengan seperti itu, kata Amrizal, bakal mempermudah investor, terutama investor yang mempunyai kian lebih satu efek, baik investor di daerah ataupun investor asing yang tidak ada ditempat berlangsungnya RUPS.

Proyek strategis yang lain, lanjut dia, yaitu pengembangan system paling utama KSEI yaitu ‘C-BESTNext Generation’ untuk tingkatkan kecepatan serta kapasistas system sampai 10 kali lipat sebagai antisipasi penambahan jumlah investor di pasar modal.