Home PASAR SAHAM Rencana Akuisisi ITMG Masih Terus di Lanjutkan

Rencana Akuisisi ITMG Masih Terus di Lanjutkan

223
0
SHARE

PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) sudah memastikan rencana ekspansi secara anorganik masih akan terus berlanjut. Perusahaan mengabarkan akan tetap mengakuisisi tambang batubara untuk menambah cadangan batubara perusahaan. Perushaaan menyebutkan akan mengakuisisi tambang yang berada dekat dengan perusahaan.

ITMG memilih lokasi yang dekat dengan tambang miliknya saat ini agar memudahkan operasional dan logistik. Sehingga nanti untuk kegiatan operasi tambangnya akan menjadi lebih efisien. Sehingga perusahaan saat ini sedang mengejar produktifitas tambang.

PT Indominco Mandiri Bontang yang menjadi tumpuan ITMG dalam hal produksi batubara. Perusahaan yang mempunyai tambang di Bontang, Kalimantan ini memberikan sekitar 60% dari total produksi ITMG. Berdasarkan laporan perusahaan, ITMG memproduksi batubara sekitar 6.1 juta ton per kuartal III 2017 atau naik hampir 20% dibanding kuartal II-2017.

Pada semester pertama 2017, ITMG memproduksi sekitar 10.4 juta ton. Sehingga produksi batubara perusahaan dari Januari hingga September 2017 mencapai 16,5 juta ton. Namun untuk total keseluruhan produksi, nantinya pada akhir November perusahaan akan mengumumkan secara resmi angka produksi perusahaan.

Namun untuk masalah akuisisi dan anggaran yang disiapkan, perusahaan masih belum menjelaskan secara rinci. Nantinya dana yang disiapkan bergantung pada nilai perusahaan yang akan diakuisisi. Nantinya Kas internal dan pinjaman bank yang siap dicairkan menjadi sumber pendanaan untuk akuisisi tersebut.