Home Reksadana Realisasi Janji Anies Terkait DP 0 % Tersandung Ketentuan BI

Realisasi Janji Anies Terkait DP 0 % Tersandung Ketentuan BI

2954
0
SHARE

Calon Gubernur dipilih Anies Baswedan pernah berjanji bakal sediakan perumahan murah dengan down payment (DP) 0 %. Menanggapi hal semacam itu,Bank Tabungan Negara yang di kenal sebagai bank KPR mulai bicara. Direktur Consumer Banking BTN Handayani menyampaikan pihaknya tak pernah mempunyai program pemberian kredit pemilikan tempat tinggal dengan duit muka sebesar 0 %.

” Skema pembiayaan KPR sebesar 0 % setahu saya tak pernah ada di perbankan. Jadi kita memanglah mesti mengikuti Ketentuan Bank Indonesia, “ kata Handayani di Yogyakarta, Sabtu 22/4/2017.

Menurut Handayani, pihaknya juga tak pernah tawarkan kerja sama juga dengan pengembang dalam jual tempat tinggal nonsubsidi pada masyarakat. Tuturnya, sampai kini BTN menginginkan fasilitas pembiayaan KPR pada nasabah sesuai sama ketentuan yang berlaku. Dengan hal tersebut, ia menerangkan kalau bila pemberian kredit diberikan sesuai sama ketetapan, debitur mempunyai kewajiban untuk merampungkannya.

Handayani menjelaskan bisa saja wacana DP 0 % bergulir, tetapi belum pasti bisa diaplikasikan. Sesuai sama Ketentuan BI tentang rasio pinjaman pada nilai agunan (loan to value/LTV) dalam kredit kepemilikan properti optimal 95 %, dengan uang muka pertama sebesar 15 %.

” Terkecuali untuk KPR tempat tinggal subsidi untuk masyarakat berpendapatan rendah kami tambahkan satu % uang muka. Jadi tetaplah perlu ada share dari debitur untuk mempunyai simpanan atau tabungan, ” tuturnya.