Home PASAR SAHAM BURSA SAHAM PT Bumi Resources Tbk Siap Mengeluarkan Saham Baru

PT Bumi Resources Tbk Siap Mengeluarkan Saham Baru

885
0
SHARE

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) sudah memiliki rencana untuk menerbitkan saham baru dengan memesan efek lebih dulu atau Right issue. Aksi rights issue siap dilaksanakan pada tahun depan, dan akan menjadi bagian dari konversi utang perseroan menjadi saham. Perseroan menjelaskan Right issue yang siap dilepas mencapai 29.1 miliar saham atau 80% dari modal yang disetor penuh oleh perusahaan yang mencapai jumlah hingga 36.6 miliar saham.

Sejalan dengan restrukturisasi utang, harga untuk menerbitkan saham baru ini sudah ditentukan dan mencapai Rp 926 persaham. Dan berada jauh dari harga perseroan saat ini Rp 294 per saham. Penerbitan ini masih dalam kategori wajar karena masih berbasis net asset value (NAV) BUMI  US$ 4,6 miliar. Right issue tersebut ditargetkan bisa memperoleh dana sekitar Rp 26.9 triliun.

Dengan right issue di 2017, jumlah saham milik perseroan bisa meroket hingga 65.7 miliar, dan korporasi ini bisa meningkatkan nilai kapitalisasi pasar BUMI. Kini Kapitalisasi Perseroan sekitar 11 trilun dan jika right issue, kapitalisasi bisa meroket hingga  Rp 38 triliun. Rights issue ini akan dilakukan sebelum tanggal 30 Juni tahun depan.