Home ANALISA SAHAM ANALISA FUNDAMENTAL Pre Opening: Nantikan Sentimen Pendukung, IHSG konsolidasi Cenderung Melemah

Pre Opening: Nantikan Sentimen Pendukung, IHSG konsolidasi Cenderung Melemah

363
0
SHARE

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mendekati  dengan area oversold,  sehingga potensi kenaikan dapat terhalangi dan cenderung melemah. Hal ini menyebabkan terbentuknya pola teknis yang mengakibatkan terjadinya koreksi jika tidak didukung oleh sentimen pasar.

Selain itu, faktor nilai tukar rupiah yang belum dapat menguat signifikan dan sentimen dari perkiraan akan adanya masalah batas defisit utang AS dapat berpotensi menghadang kenaikan IHSG.  Pada perdagangan hari ini diperkirakan IHSG akan berada pada  support 4.362-4.380 dan  resistance 4.415-4.425.

Di sisi lain, bursa saham Eropa cenderung negatif setelah merespon pernyataan dari Menteri Keuangan  dan Gubernur The Fed AS terkait masih adanya masalah debt ceiling pada perekonomian mereka. Sedangkan bursa saham AS kemungkinan dapat bergerak melemah merespon pernyataan tersebut. Namun diharapkan rilis penjualan ritel dan indeks manufaktur serta kemungkinan adanya ekspektasi positif terhadap kinerja keuangan emiten mampu menahan aksi jual sehingga tidak mengalami pelemahan terlalu dalam.

Pada perdagangan saham Selasa (15/1) terpantau IHSG menyentuh level 4.400,82 (level tertingginya) jelang akhir sesi 2 dan menyentuh level 4.373,35 (level terendahnya) di awal sesi 1 dan akhirnya berhasil bertengger di level 4.400,82. Volume perdagangan tercatat turun dan nilai total transaksi tercatat naik.  Investor asing mencatatkan  nett buy  dengan penurunan nilai transaksi beli dan nilai transaksi jual. Investor domestik mencatatkan  nett sell.