Home TRADING SAHAM HARGA SAHAM Pre Opening: Diprediksi Bergerak Mixed, IHSG Cenderung Sideways

Pre Opening: Diprediksi Bergerak Mixed, IHSG Cenderung Sideways

499
0
SHARE

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir pekan ini,  Jumat (1/2), diproyeksikan masih akan bergerak mixed dengan kecenderungan sideways. Faktor penggeraknya adalah karena pasar masih menunggu hasil inflasi Januari.  Pemodal dalam negeri diindikasikan juga masih menunggu inflasi Januari yang akan diumumkan hari ini. Inflasi diprediksi akan mengalami kenaikan sehubungan dengan bencana banjir yang melanda ibukota.  Sementara bursa saham Asia variatif cenderung negatif, setelah merespons rilis data AS dan data industrial production bulanan Jepang yang naik di bawah estimasi.

Tekanan dan kontraksi ekonomi ini membuat bank sentral Amerika mempertahankan kebijakan pembelian surat utang sebesar USD 85M per bulan.  The Fed menyatakan tidak khawatir dengan kontraksi ini karena data-data seperti belanja rumah tangga, investasi bisnis, dan sektor perumahan terus memperlihatkan perbaikan. Pada perdagangan hari ini IHSG bergerak mixed dengan kecenderungan sideways dan berada pada kisaran support-resistance 4.430-4.469.

Pada perdagangan kemarin,IHSG ditutup flat pada perdagangan kemarin setelah berada pada zona merah sepanjang sesi perdagangan. Lesunya IHSG tidak lepas dari sentimen negatif dari pengumuman data makro di AS dimana pertumbuhan ekonomi Amerika mengalami perlambatan 0,1 persen pada Kuartal IV-2012.

Tercatat IHSG menyentuh level 4.457,66 (level tertingginya) di awal sesi I dan menyentuh level 4.431,16 (level terendahnya) jelang akhir sesi I dan akhirnya berhasil bertengger di level 4.453,70.  Volume perdagangan dan nilai total transaksi tercatat naik. Investor asing mencatatkan nett buy dengan kenaikan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett sell.