Home ANALISA SAHAM Pertahankan Suku Bunga Acuan, Saham BEI Melemah

Pertahankan Suku Bunga Acuan, Saham BEI Melemah

729
0
SHARE

Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan suku bunga Acuan (BI Rate) 6.5% hal ini memupuskan harapan investor, sebelum nya investor sangat optimis BI akan melakukan suku bunga acuan karena intensitas pasar modal sangat efektif. Keputusan BI ini membuat Pasar saham kembali bergejolak, pada penutupan perdagangan sebelumnya ihsg mengalami pelemahan 25,85 poin atau 0,49% menjadi 5.216,97. Hal ini merupakan dampak dari BI mempertahankan suku bunga acuan, pelemahan ihsg juga di warnai dengan banyaknya aksi ambil untung yang di lakukan oleh investor saham.

Sementara itu sejumlah saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) terlihat mengalami pelemahan pasca putusan ini. beberapa saham unggulan LQ45 melemah 6,99 poin atau melemah sekitar 0.77% menjadi 898,85. Ihsg mengalami tekanan dengan volume yang cukup tinggi. walaupun melemah, namun masih ada rasa optimis dari investor asing, investor asing tercatat melakukan transaksi bersih Rp 494,78 miliar. Namun investor masih berharap bahwa BI bisa menurunkan suku bunga acuan karena di picu oleh pemberlakuan tax amnesty yang tentu akan menopang laju pasar modal indonesia.

Mempertahankan suku bunga acuan cukup menekan perdagangan saham, namun cukup terbantu oleh aksi beli saham yang di lakukan oleh investor asing. BEI mencatat frekuensi perdagangan mencapai 304.456 kali dengan total jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 7,79 miliar lembar saham senilai Rp7,21 triliun.