Home Saham Aktual Berita Saham Penjualan SMGR pada 2016 hanya naik 0.4%

Penjualan SMGR pada 2016 hanya naik 0.4%

552
0
SHARE
smgr

PT Semen Indonesia Tbk yang memiliki kode Saham (SMGR) telah mencatatkan penualan semen sepanjang tahun 2016. Penjualan mencapai 26.5 juta ton. Dengan begini, angka tersebut mengalami kenaikan tipis 0.4% dari penjualan semen di tahun sebelumnya yaitu di tahun 2015.

Menurut Sekretaris Perusahaan SMGR, Agung Wiharto, mengatakan Penjualan Semen pada Desember 2016 mengalami penurunan, ada kendala teknis sehingga membuat produksi semen tidak maksimal. “ujarnya”

Ia juga menambahkan, pada 2016 penjualan semen perusahaan masih sejalan dengan penjualan semen nasional yang stagnan di angka 62 juta ton. Selain itu, akibat curah hujan yang tinggi dan tidak menentu ikut menghambat penjualan semen.

Jika dilihat secara Group, Penjualan Semen Indonesia termasuk Thang Long Cement Vietnam mencapai angka 29.2 juta, atau naik sebesar 0.5% dari tahun sebelumnya. “ungkapnya”.

Pada tahun 2017, Emiten mentargetkan penjualan semen tumbuh 4% menjadi 27,6 juta ton. Emiten Plat merah ini juga terus mendorong penjualan regional dengan mengincar penjualan 1.5 juta ton. Sehingga SMGR kini sedang mempersiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) mencapai Rp 6 triliun.

Emiten ini akan menggunakan sebagian besar belanja modal untuk membangun pabrik di Pidie dan Kupang yang bisa menampung kapasitas hingga 2,5 juta ton sampai 3 juta ton pertahun. Dengan nilai investasi dari masing masing pabrik mencapai Rp 3 trilun hingga Rp 4 triliun.

Emiten juga akan memakai dana CAPEX untuk membangun Packing plant di Bengkulu dan maluku, selain itu perusahaan akan memberikan peluang pendanaan secara eksternal melalui Obligasi, atau pinjaman Bank.

Agar Margin selalu terjaga, SMGR akan selalu fokus terhadap layanan pelanggan dan juga terus mendorong penjualan regional. Nantinya, bukan hanya menjadi produsen semen, SMGR juga akan masuk menjadi pebisnis semen yang masuk ke sektor hilir juga