Home PASAR SAHAM Pasar Modal Semakin di Dominasi Investor Domestik

Pasar Modal Semakin di Dominasi Investor Domestik

418
0
SHARE

Disepanjang tahun ini, posisi investor domestik dalam kepemilikan efek di pasar modal Indonesia semakin dominan. Menguatnya posisi investor domestik dipasar modal sudah terlihat sejak awal tahun 2017 ini. hal ini menjadi bukti jika sudah semakin ramai investor dalam dalam negeri yang terjun ke pasar modal.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), per 6 Januari 2017, Kepemilikan efek oleh investor asing jumlahnya mencapai 48.17% lalu oleh investor lokal sebanyak 51.83%. lalu data OJK per 29 September 2017, investor lokal masih mendominasi posisinya sebagai pemain dominan di pasar modal.

Bahkan saat ini porsi lokal tumbuh menjadi 59.69%, sementara kepemilikan asing turun menjadi 46.31%. hal tersebut merupakan imbas dari investor asing yang banyak melakukan aksi jual, sehingga porsinya melemah.

Selain itu, perubahan posisi tersbeut ikut dipengaruhi juga oleh gencarnya sosialisasi investasi yang dilakukan oleh OJK dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Sehingga membuat banyak pelaku pasar lokal yang kemudian tertarik untuk masuk ke pasar modal. Mereka juga memanfaatkan pelemahan dimana banyak investor asing yang keluar.

Mendominasinya investor lokal di pasar modal justru membuat pasar saham menjadi mempunyai volatilitas yang tinggi. Sebab investor dalam negeri lebih menyukai investasi jangka pendek dan cenderung sensitif terhadap sentimen. Sehingga IHSG lebih rentan terhadap berbagai sentimen pasar