Home ANALISA SAHAM Pasar Modal Sebagai Tempat Divestasi Saham Freeport

Pasar Modal Sebagai Tempat Divestasi Saham Freeport

480
0
SHARE

Freeport Indonesia sudah setuju untuk lakukan divestasi saham yang sebesar 51% yang didapatkan kepada pihak Indonesia. Tetapi pertanyaan setelah itu bagaimana sistem divestasi Freeport Indonesia itu dikerjakan?

Bursa Dampak Indonesiajuga inginkan akhirnya dapat dikerjakan di pasar modal, hal tersebut dair pihak Freeport Indonesia dapat jadi perusahaan umum yang terbuka. Mekanisme lewat penawaran umum saham perdana nitial Public Offering/IPO juga memanglah jadi satu diantara pilihannya.

” Dalam ketentuan terdapat banyak pihak yang memiliki hak mendapatkannya, mulai pemerintah pusat, pemerintah tingkat dua serta tiga, BUMN ataupun BUMD. Nah satu diantara yang lain mungkin saja ditegaskan dalam ketentuan dapat lewat IPO, ” tegas Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat pada detikFinance di ruangan kerjanya, hari Rabu 6/9/2017.

Menurut Samsul sistem pengambil alihan sama dari Freeport Indonesia jauh semakin bagus lewat IPO daripada pembelian segera. Terdapat banyak argumen yang diutarakan, pertama masyarakat dapat turut memonitor sistem akuisisi sampai valuasi saham Freeport Indonesia yang dipunyai pemerintah maupun BUMN.

” Dikarenakan begitu pemerintah juga akan memberikan dukungan berdasarkan perusahaan ini yang juga akan juga dapat dikontrol masyarakat banyak. dari aset pemerintah di perusahaan itu tergambar di market. Umpamanya pemerintah beli di harga berapakah, ” paparnya.

Keuntungan yang lain, tegas Samsul, masyarakat luas juga dapat memonitor perubahan dalam harga saham Freeport Indonesia untuk setiap menitnya. Pemerintah juga semakin lebih mudah saat mengkalkulasi berapakah nilai investasi yang ditanamkan pihak saham Freeport Indonesia.