Home PASAR SAHAM Pajak Emas Tidak Ganggu Prospek Kinerja Antam

Pajak Emas Tidak Ganggu Prospek Kinerja Antam

44
0
SHARE

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) berkomentar terkait pengenaan pajak atas pembelian emas di gerai Butik Emas Logam Mulia tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan emas perusahaan. Seperti diketahui, penjualan emas merupakan bisnis utama dari perusahaan milik pemerintah tersebut.

Sebelumnya Antam sudah menyebarkan pengumuman di gerai penjualan emas miliknya terkait adanya pajak terhadap pembelian emas Antam. sesuai pengumuman yang ditandatangani pada 2 Oktober 2017 oleh pihak Butik Emas Logam Mulia Jakarta II. Mulai 2 Oktober 2017, semua yang berkaitan dengan transaksi pembelian logam mulia di semua cabang PT Antam akan dikenakan PPh 22. Pelanggan yang memiliki NPWP dikenakan 0,45% dan yang tidak memiliki NPWP dikenakan 0,9%.

Penetapan pajak tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja Antam. namun hal tersebut bisa mengurangi permintaan emas batangan dipasaran. Sebab Emas memang sudah lama dikenal sebagai investasi paling populer, namun setelah ada penetapan pajak, masyarakat bisa beralih ke Tabungan atau deposito.

Selain dari bisnis Emas, kinerja Antam juga ikut  ditopang oleh bisnis feronikal yang memberikan kontribusi sekitar 38% terhadap total pendapatan perusahaan pada kuartal pertama tahun ini. Namun tidak bisa dipungkiri, bisnis emas memang masih menjadi andala perusahaan dengan ikut memberikan 60% dari total penjualan.