Home ANALISA SAHAM OJK Gagal Mengatur Batas Minimal Komisi Broker

OJK Gagal Mengatur Batas Minimal Komisi Broker

579
0
SHARE

OJK sudah bisa memastikan terkait pengaturan batas minimal dari biaya transaksi pada fee broker gagal diterapkan meskipun dalam tujuannya untuk bisa menstandartkan biaya transaksi. Sesuai yang telah diungkapkan dari Nurhaida sekala Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, saat di Gedung BEI, Jakarta, Sabtu 18 Maret 2017.

Nurhaida mengemukakan, terkait pengaturan fee yang sulit untuk diterapkan usai OJK membahasnya dengan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha).

“Dari pihaknya kami tadinya inginkan untuk mengatur fee. Dan yang akan mengatur dari OJK. Asosiasi Perusahaan Efek igninkan juga untuk menginginkan OJK untuk lebih mudah atur biaya umum fee transaksi. Namun, pada saat kita mencoba diskusi bersama KPPU, terkait langkah tersebut tidak bisa atur fee transaksi,” tegas Nurhaida.

Selanjutnya Nurhaida, fee transaksi oleh broker ditetapkan hingga sekarang ini masih diperoleh dari biaya operasional broker tersebut. jumlah fee yang diperoleh tergantung jumlah biaya operasional broker sendiri, efisien atau tidak efisien.

Hingga saat ini, OJK salah otoritas pasar keuangan yang terus akan memberikan pengawasan untuk setiap transaksi sampai perusahaan efek terus berupaya dalam mendapatkan keuntungan yang berasal dari sumber lain. Kami khawatir ada sumber lain yang tidak sesuai ketentuan, contothnya memberikan sejumlah pinjaman dengan bunga terbukan dengan adanya pelanggaran sebab mereka masih membutuhkan income lain.