Home Investasi Minggu Ini Emas Diperkirakan Menguat Lagi

Minggu Ini Emas Diperkirakan Menguat Lagi

804
0
SHARE

Di sesi perdagangan kemarin, harga emas bisa dikatakan menanjak kembali, mengingat dalam catatan nilai Emas mampu menguat di kisaran $8,80 / 0,69% di posisi $1275,30 per troy ounce. Dalam perhitungan perdagangan mingguan, memang komoditas emas sudah mampu menanjak sebesar 1,1%.

Penguatan emas dalam akhir minggu lalu memang menjadi salah satu bentuk pertahanannya usai fokus the Fed dilain pihak bisa memperbaiki kondisi defisit di angka neracanya sebesar $4,5 triliun. Apalagi dukungan data pertumbuhan ekonomi AS yang tak sesuai dan juga sebagai akibat adanya rasa safe haven emas selepas terjadinya geopolitik percobaan rudal antar benua yang dilakukan Korea Utara di akhir minggu lalu.

Di hari ini memang nampak adanya antiklimaks di sektor emas, akan usahanya melakukan aksi ambil untung usai dalam sepekan ini bertahan dalam posisi ke-7. Data aktivitas manufaktur di kawasan Chicago dan juga penjualan rumah tertunda AS berkemungkinan akan membuat emas sedikit mengalami tekanan di hari ini. Namun hal itu sama sekali tak akan berdampak apa-apa kecuali situasi Korea Utara terus menerus dalam kondisi saat ini.

Faktor perbaikan dan adanya konsentrasi the Fed lah nampaknya yang menjadi alat bantu penguatan emas, selepas  fokus the Fed dalam memperbaiki neraca juga sudah membawa konsekuensi ke indeks dolar. Namun upaya ini juga harus melemah mengingat the Fed dalam laporan akan banyak menjual kepemilikan surat hutangnya ke pasar umum di waktu dekat, apalagi dolar AS dalam beberapa pekan kedepan dipastikan juga akan melemah.