Home PASAR SAHAM BURSA SAHAM Menjelang Akhir pekan, IHSG dibuka Melemah

Menjelang Akhir pekan, IHSG dibuka Melemah

360
0
SHARE

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada (18/05) dibuka melemah sekitar 25.01 poin. Pelemahan IHSG merupakan imbas dari anjloknya bursa saham Asia. Bursa Saham Asia mengalami banyak sentimen negatif dari perdagangan sebelumnya, sejumlah saham di Tokyo pun mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Pada pembukaan perdagangan hari ini, IHSG dibuka melemah 25.01 poin atau 0.45% di level 5.590.47. selain itu Indeks LQ45 yang merupakan kelompok saham unggulan tergerus 6.50 poin atau 0.67% menjadi 928.06 poin. Salah satu penyebab tertekannya saham di BEI karena pelemahan yang terjadi dikawasan Asia. Hal ini yang menjadi faktor penghambat laju IHSG dan juga saham saham unggulan.

Walaupun bergerak dalam tekanan, namun IHSG masih memiliki potensi untuk bergerak ke area positif. Hal tersebut karena sentimen dalam negeri yang menyangkut ekonomi nasional pada semester pertama yang mengalami pertumbuhan. Pada semester pertama, ekonomi Indonesia bertumbuh 5.01%.

Fundamental ekonomi nasional yang positif bisa menjadi penopang kinerja pasar modal Indonesia. Tren kenaikan pasar saham diprediksikan masih berpotensi berlanjut. Terutama jika S&P memberikan sinyal layak investasi ke Indonesia, sehingga akan menambah kepercaayaan investor untuk menempatkan modal di Indonesia