Home ANALISA SAHAM ANALISA FUNDAMENTAL Kurs Rupiah Menguat Dampak Dari Sentimen Positif Asia

Kurs Rupiah Menguat Dampak Dari Sentimen Positif Asia

564
0
SHARE

Pada perdagangan pekan ini nilai tukar rupiah melaju menguat sebesar 9 poin menjadi Rp13.148. hal tersebut akibat pergerakan kurs di kawasan Asia yang menguat terhadap dolar AS dan ini bisa menjadi salah satu sentimen positif bagi rupiah. Selain itu naiknya cadangan devisa pada periode Februari 2016 juga ikut memberikan kontribusi, sehingga bisa memberikan kepercayaan investor di pasar uang indonesia.

Menurut data dari BI (Bank Indonesia) posisi cadangan devisa Indonesia akhir Februari 2016 tercatat sebesar 104.5 miliar dolar AS. Dengan kondisi cadangan devisa tersebut. Akan cukup untuk membiayai 7,6 bulan impor atau 7,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor. Selain itu Stimulus yang di terapkan oleh Bank Sentral Eropa akan bisa memberikan rasa optimis terhadap pasar keuangan asia.

Bank Sentral Eropa (ECB) akan melakukan pemangkasan terhadap suku bunga deposito kurang lebih akan ada 10 poin dan akan menambah pembelian aset di pasar asia. Kebijakan tersebut dilakukan ECB karena Menurunnya harga komoditas di kawasan eropa.