Home Obligasi Korporasi Semakin Gencar Terbitkan Obligasi

Korporasi Semakin Gencar Terbitkan Obligasi

652
0
SHARE
informasi penerbitan obligasi hari ini

Beberapa perusahaan sudah mengumumkan rencananya untuk menerbitkan obligasi pada tahun ini. Hingga pertengahan tahun ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada sekitar 23 perusahaan yang sudah melakukan listing obligasi. Dari penerbitan obligasi tersebut, dana yang dihimpun sudah mencapai Rp 39.1 triliun.

Sementara itu, melihat data BEI yang sedang dalam pipeline sudah ada 35 perusahaan dengan target dana yang didapat Rp 65.3 triliun. Sehingga total penerbitan tahun ini setidaknya akan mencapai Rp 104.4 triliun. Dan hasil tersebut merupakan capaian yang cukup positif untuk pasar obligasi pada tahun ini.

Penerbitan obligasi tersebut bisa menjadi alternatif untuk ekspansi. Seperti PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) yang sudah berencana untuk menambah capek menggunakan dana obligasi. Hal tersebut menandakan jika sudah ada tanda tanda peningkatan konsumsi sehingga SMGR sudah mengantisipasi hal tersebut.

Adanya pemulihan ekonomi serta stabilitas ekonomi membuat banyak perusahaan penerbitkan obligasi. Selain untuk ekspansi, obligasi tersebut juga bisa digunakan untuk restrukturisasi utang. Pada tahun ini, jumlah penerbitan akan lebih besar dibandingkan dengan penerbitan tahun sebelumnya.  emiten yang menerbitkan variasi seri obligasi. Seri itu bisa memberikan pilihan kepada investor.