Home PASAR SAHAM BURSA SAHAM KML Incar IPO Tahun Ini

KML Incar IPO Tahun Ini

250
0
SHARE

Ditahun 2018 ini, ada satu lagi perusahaan yang sudah berencana untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu PT Kelola Mina Laut (KML Food). Perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan ini sudah ada niatan untuk bisa menawarkan saham perdananya di bursa.

KML masih belum memastikan porsi saham yang akan dilepas ke publik. Pihak manajemen perusahaan menyebutkan akan mempertimbangkan opsi BEI untuk melepas 40% saham. perusahaan rencananya akan melaksanakan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) secepatnya.

Diperkirakan KML akan menggunakan buku keuangan Desember 2017, sehingga selambat lambatnya perusahaan akan IPO pada semester pertama 2018. Hal ini juga sejalan dengan target perusahaan yang akan mengembangkan lini bisnis dan meningkatkan pendapatan pada tahun ini.

Perusahaan masih mempertimbangkan rencana penggunaan dana hasil IPO, antara untuk ekspansi bisnis atau mengembalikan utang. Berbagai macam alasan mendorong perusahaan industri makanan ini untuk Go Public, seperti untuk mengembangkan perusahaan dan juga bisa menjadi perusahaan yang transparan serta mempunyai target hingga akhir tahun.

Sampai saat ini KML Good memiliki aset lebih dari Rp 1 triliun. Perusahaan mengoperasikan 25 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia. Masing-masing pabrik sudah memiliki utilisasi hingga 60-70%. Selain itu, hamoir 85% produksi KML Food juga untuk ekspor. Ekspor terbesar ke Amerika sekitar 35%, Lalu 25% ke Eropa, sementara sisanya ke Jepang dan negara-negara di Asia Tenggara.