Home INVESTASI SAHAM Ekonomi Mikro & Makro Kinerja Perbankan Jatim Semakin Membaik

Kinerja Perbankan Jatim Semakin Membaik

699
0
SHARE

Kinerja dari perbankan Jawa Timur dalam kuartal akhir tahun kemarin menunjukkan level yang lebih baik. Setelah diadakannya kajian Ekonomi Keuangan Regional Jatim yang telah diterbitkan Bank Indonesia untuk jumlah aset perbankan di provinsi Jawa Timur sebesar Rp563 triliun jumah pertumbuhan sebesar 6,2% dalam waktu setahun. Angka tersebut memang lebih tinggi dari jumlah sebelumnya yang sebesar Rp549 triliun.

Jumlah dana dari pihak ketiga perbankan saat ini juga berhasil tumbuh sebesar 7,8% daalam waktu setahun atau sebesar Rp456 triliun dana tersebut saat ini disalurkan berbentuk kredit, sesuai yang dikutip Jumat (03/3/2017).

Sedangkan dari kredit lokasi proyek juga mampu tumbuh mencapai 6,9% dan itu juga sama year on year dan mencapai sebesar Rp467 triliun dengan kuartal IV/2016. Kebanyakan penyaluran kredit terhadap kredit produktif, dengan kredit modal kerja beserta kredit investasi, program ini di khususkan terhadap BUKU (Bank Umum Kelompok Usaha) 1 dan 4.

Namun hal itu masih harus perlu diwaspadai terkait risiko kredit yang saat ini kembali meningkat yang sudah mencapai titik tertinggi dalam waktu 3 tahun terakhir, kondisi tersebut dipengaruhi peningkatan jumlah NPL korporasi.

Dari sisi lain, risiko likuiditas serta suku bunga masih relatif terjaga. Namun demikian, perekonomian di wilayah Jatim kuartal IV/2016 mampu tumbuh sebesar 5,5% y-o-y bahkan sedikit melambat dibandingkan jumlah kuartal III/2016 yang sebanyak 5,6% y-o-y, hasil itu lebih tinggi dibandingkan Nasional yang mencapai 4,9% y-o-y.