Home ANALISA SAHAM ANALISA FUNDAMENTAL Ketidakpastian Ekonomi Global Masih Tinggi

Ketidakpastian Ekonomi Global Masih Tinggi

749
1
SHARE
Ekonomi Global Saat Ini
Ekonomi Global

Ketidakpastian ekonomi di tingkat global menjelang tutup tahun ini masih tergolong tinggi. Perekonomian Inggris di daratan Eropa kemungkinan memasuki resesi.

Harga properti di London turun 4 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya pada bulan Desember, terendah selama lima tahun terakhir. Hal ini, menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, menjadi indikasi awal pelambatan ekonomi di negeri itu yang berpotensi menuju resesi.

“Potensi pelemahan properti di London bisa menjadi sumber ketidakpastian baru global,” kata Lana di Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Sementara itu, kemenangan Partai Demokrat Liberal (LDP) dan kembalinya Perdana Menteri Shintaro Abe dengan total suara dua pertiga pemilih di Jepang menjanjikan stimulus anggaran untuk tahun 2013. Ini terkait janji Abe untuk mengakhiri kontraksi ekonomi.

Dari Amerika Serikat, hari ini Presiden Obama diperkirakan bertemu dengan juru bicara parlemen, Joe Boehner, untuk keempat kalinya. Hal itu diharapkan bisa mengurangi gap di antara keduanya. Pasar AS menyambut positif kemungkinan tersebut.