Home PASAR SAHAM INVESTASI SAHAM Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Trading Saham

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Trading Saham

2509
0
SHARE

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang sangat menguntungkan saat ini. namun dalam investasi saham memiliki tingkat resiko yang cukup besar. sehingga tak sedikit trader yang merugi saat melakukan trading saham. Umumnya gagal dalam trading saham akibat kesalahan oleh investor itu sendiri. Kesalahan yang kecil dalam investasi saham bisa berakibat fatal karena menyebabkan kerugian.

Pasar saham memberikan keuntungan yang menjanjikan tak sedikit orang yang tergiur dalam investasi ini tanpa memahami arti investasi saham sesungguhnya. Dalam investasi saham seorang investor perlu menguasai tehnik dalam investasi ini. karena investasi ini langsung berkaitan dengan pasar modal.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan investor

Dalam trading saham, investor sering melakukan beberapa kesalahan. Kesalahan yang di anggap sepele namun bisa menimbulkan kerugian, sehingga inilah yang membuat investor kapok dalam melakukan tarding saham. Ada baiknya investor yang ingin terjun dalam investasi saham menguasai dan memahami hal apa saja yang terdapat dalam instrumen pasar modal.

Investor saham yang gagal dalam trading umumnya tidak menyadari apa saja yang membuatnya gagal. Karena biasanya terjadi karena kesalahan dari investor itu sendiri yang sering di anggap sepele. Berikut adalah kesalahan yang di lakukan investor saham.

Mengabaikan indikator fundamental

  • Tidak memperhatikan portofolio
  • tidak melihat berita ekonomi harian
  • Tergiur Saham murah
  • hanya melihat dalam jangka pendek
  • tidak mau merugi
  • Keluar masuk pasar di saat yang salah

Mengelola Resiko Dalam investasi Saham

Banyak kasus yang menimpa trader saham saat ini, sudah banyak trader saham yang harus merugi akibat tidak bisa mengelola resiko investasi saham. Karena sangat pentingnya mengelola resiko investasi saham. Tujuan mengelola resiko investasi saham adalah untuk meminimalisir kerugian dalam investasi saham. Yang utama dalam mengelola resiko investasi saham adalah menetapkan target harga atas (proyeksi profit) dan bawah (loss limit) dengan patokan harga saat ini. hal tersebut untuk bisa menghindari kerugian besar saat melakukan trading saham.

Startegi Trading Saham

Jenis Startegi Penerapan Strategi Trading
Stop Loss Fisik menentukan stop loss secara fisik pada harga tertentu dengan menggunakan pertimbangan besarnya toleransi resiko yang bisa kita terima
Stop Loss Mental menentukan stop loss secara mental (maksudnya kita menanamkan pada benak kita), apabila ada pergerakan harga yang tidak terduga dan tidak sesuai dengan prediksi kita, maka kita kita akan segera keluar dari pasar.
Scalping salah satu strategi day trading yang sangat populer. Trader yang menggunakan strategi ini akan langsung keluar pasar begitu sudah profit, tidak menunggu lama untuk close transaksi
Fading dalam strategi ini trader akan langsung memilih saham begitu melihat harga begitu cepat naik
Pivots Harian strategi ini memanfaatkan volatilitas harga saham untuk memperoleh profit maksimal. Caranya dengan membeli pada saat harga terendah harian, dan menjual saat harga tertinggi harian

Kenali Fraksi Harga Saham Sebelum trading

fraksi-harga-sahamSetiap transaksi dalam Dunia investasi saham, investor harus bisa melihat jumlah kelipatan penawaran dan maksimal penawaran serta permintaan tidak bisa sembarangan. Karena dalam investasi saham memiliki aturan tersendiri dalam setiap transaksinya. Dan juga memiliki pengaturan kelipatan penawaran dan permintaan harga saham hal ini yang di sebut sebagai fraksi harga saham.