Home ANALISA SAHAM ANALISA FUNDAMENTAL Jelang Akhir Pekan, Bursa Asia Bergerak Lebih Rendah

Jelang Akhir Pekan, Bursa Asia Bergerak Lebih Rendah

180
0
SHARE

Pada perdagangan menjelang akhir pekan ini, sejumlah bursa saham di Asia terpantau bergerak ke posisi lebih rendah sejak awal perdagangan. Saat ini pelaku pasar masih mencermati prospek laba, ekonomi dan implikasi kebijakan moneter dari pemilihan Gubernur The Fed yang baru. Sentimen dari calon kandidat Gubernur The Fed memberikan tekanan untuk bursa saham.

Pada perdagangan hari ini, Indeks Topix Jepang terpantau melemah 0.3%, terseret oleh pelemahan produsen mobil, dengan saham Nissan yang tercatat melemah 1,6%. Selain itu, indeks S&P/ASX 2000 Australia melemah 0.1% dan indeks Kospi Korea yang naik 0.2%. sementara itu Indeks S&P/NZX 50 New Zealand masih bergerak diposisi terendahnya setelah mencatatkan pelemahan 1.2%.

Mengacu pada data Bloomberg, melemahnya bursa saham Jepang karena reli pada Yen yang membenani eskportir serta adanya skandal peruisahaan lain di negara tersebut. Saham Nissan Motor Co anjlok setelah perusahaan mengehentikan produksi di Jepang karena masalah kontrol kualitas.

Disisi lain, Dollar AS terlihat mengalami tekanan setelah adanya laporan dari Politico bahwa Presiden Donald Trump ternyata lebih condong untuk memilih Jerome Powell sebagai Gubernur baru The Fed. Bursa Saham Asia diperkirakan masih bergerak Sideways mengingat minim sentimen yang bisa mendorong bursa saham asia