Home TRADING SAHAM DATA & STATISTIK ITMG Tetap Waspada Walau Batubara Dalam Tren Positif

ITMG Tetap Waspada Walau Batubara Dalam Tren Positif

384
0
SHARE
pergerakan harga batubara hari ini

Hampir selama sepekan ini harga komoditas batubara sedang berada dalam penguatan yang positif. Hal tersebut berimbas juga terhadap emiten emiten batubara. Emiten batubara mencatatkan kinerja positif di bursa sejalan dengan euforia tren stabilnya harga batubara.

Salah satu emiten batubara, PT Indo Tambang Raya Megah Tbk (ITMG). Masih tetap waspada mengikuti euforia tren stabilna harga batu bara, hal ini bisa terlihat dari serapan belanja modal atau capital expenditure (capex) yang masih terbilang kecil.  Capek tahun ini sebesar US$ 60,3 juta atau setara sekitar Rp 700 miliar dan yang baru diserap sekitar 9%. Jadi dana yang dibelanjakan oleh Perseroan masih dibawah Rp 70 miliar.

Hampir selama sepekan ini, sektor batubara terus mendapatkan sentimen positif baik dari dalam negeri ataupun luar negeri. Namun stabilisasi harganya masih belum sepenuhnya terkonfirmasi. Sehingga emiten sektor ini tdak ingin gegabah dalam menggenjot produksi atau ekspansi.

Langkah waspada yang ditempuh ITMG juga terlihat dari Proyeksi rata rata harga batubara perusahaan. Diperkirakan hingga akhir tahun hanya sekitar US$ 75 per ton. Target produksi itu juga tidak berubah dari tahun sebelumnya. Sementara, realisasi produksi batubara ITMG per Maret 2017 sebesar 5,4 juta ton.