Home Obligasi IPO Emisi Mini Akan Mudah untuk Diserap Pasar

IPO Emisi Mini Akan Mudah untuk Diserap Pasar

544
0
SHARE

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat disepanjang tahun ini sudah ada 26 emiten yang melantai dibursa. PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk (MTWI) merupakan emiten ke 26 yang berhasil masuk bursa pada tahun ini. namun demikian, nilai emisi dari penawaran saham perdanan atau Initial offering public (IPO) tidak terlalu banyak. Pada tahun ini nilai emisi IPO baru mencapai Rp 5 triliun.

Melihat data statistik pasar modal pada September 2017 yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penurunan yang sangat tajam terjadi pada emisi saham IPO. Data pada pekan ketiga September 2017, dengan jumlah 21 emiten baru, emisi IPO hanya Rp 4.29 triliun. Pada tahun sebelumnya, pada pekan ketiga september 2016, emisi saham IPO mencapai Rp 12,07 triliun.

Namun demikian, dengan nilai IPO yang mini ,pasar akan lebih menyerap IPO perusahaan baru. Jumlah yang ditawarkan memang tidak terlalu besar, namun ini bisa untuk menarik minat para investor.

Jika melihat IPO PT Garuda Maintanance Facility AeoroAsia Tbk (GMFI), dengan kebutuhan dana yang besar, pasar tidak mudah untuk menyerap IPO GMFI. Oleh sebab itu, anak perusahaan Garuda lainnya yaitu PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) hanya melepas 10% saham ke publik. Karena sebelumnya GMFI dikabarkan akan melepas sekitar 30% saham ke publik