Home ANALISA SAHAM ANALISA FUNDAMENTAL Investor Asing Mulai Incar Emiten Konsumer

Investor Asing Mulai Incar Emiten Konsumer

817
0
SHARE

Sepertinya investor asing sudah semakin mengincar perusahaan barang konsumsi lokal. Belum lama ini, perusahaan investasi yang bermarkas di Hongkong, Affinity Equity Partner sudah berencana untuk menanamkan investasi di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO).

Pada Rapat umum pemegang saham (RUPS) SIDO yang diselenggarakan pada akhir Januari telah menunjuk dua perwakilan Affinity Equity Partners menjadi komisaris independen. Pengangkatan komisaris baru tersebut sudah sejalan dengan keingingan Affinity yang akan berinvestasi di Sido Muncul.

Seperti diketahui, sebelumnya sudah ada perusahaan investasi yang berniat untuk berinvestasi ke SIDO. Salah satunya adalah Affinity. Perusahaan asal Hongkong tersebut berencana akan masuk dengan membeli 3 miliar saham Sido atau 20% dengan nilai transaksi mencapai US$ 175 juta atau  lebih dari Rp 2 triliun.

Bisnis barang konsumsi tanah air memang sedang naik daun. Sebelumnya pada Oktober 2017, Kohlberg Kravis Roberts & Co LP (KKR) sudah mengakuisisi 782 juta saham PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI). Dengan begitu, KKR menjadi salah satu perusahaan pemegang saham terbesar ROTI.

Beberapa pengamat mengatakan, sektor barang konsumsi sangat menarik. Hal tersebut terlihat dari karakter emiten di sektor ini yang cukup defensif. 2018 merupakan tahun politik sehingga membawa angin segar untuk emiten konsumer. Selain itu, inflasi yang naik ditambah dengan kenaikan pertumbuhan ekonomi memberikan keuntungan untuk saham konsumer.