Home Investasi Investasi Deposito Bikin Uang Menipis Tiap Bulan

Investasi Deposito Bikin Uang Menipis Tiap Bulan

868
0
SHARE

depositoBanyak orang yang tidak mengerti jika menginvestasikan uang dalam bentuk tabungan atau deposito akan membuat uang habis secara tidak terduga. Director of Business Development PT Manulife Aset Management Indonesia, Putut Andanawarih mengatakan, 48% masyarakat Indonesia gemar menabung.

Tabungan dalam bentuk deposito atau dana tunai sangat menonjol dan terus menjadi aset yang sangat populer meskipun sentimen terhadap dana tunai melemah dari angka 85 menjadi 77. Namun, banyak masyarakat yang lebih memilih investasi dalam bentuk dana tunai.

Padahal, Putut menjelaskan dengan menginvestasikan uang dalam bentuk dana tunai, sebenarnya akan melemahkan keuangan investor bahkan untuk prospek jangka panjang (masa pensiun).

Putut menganalogikan, jika setiap Rp1.000.000 yang dipegang atau ditabung, maka daya beli uang akan berkurang sebesar Rp.7000 setiap bulannya. Secara otomatis, uang yang ditabung akan menipis. Dengan hanya diam saja, maka uang akan termakan oleh inflasi.

“Dengan tingginya angka inflasi di Indonesia, dalam jangka panjang dana yang disimpan dalam bentuk tabungan nilainya akan semakin turun. Lama kelamaan uang Anda akan habis dengan sendirinya dimakan inflasi,” ujar Putut di Gedung Gedung Sampoerna Strategic Square Jakarta, Selasa (11/2).

Putut menambahkan, dana tunai yang dalam bentuk deposito tidak dapat mencukupi kebutuhan jangka panjang. Menurutnya, masyarakat Indonesia harus mulai mempertimbangkan untuk mengurangi simpanan dana tunai mereka dan melakukan investasi secara lebih efektif pada berbagai jenis investasi lainnya