Home ANALISA SAHAM ANALISA FUNDAMENTAL Inflasi AS Yang Naik, Akan jadi Pertimbangan The Fed Naikan Suku Bunga...

Inflasi AS Yang Naik, Akan jadi Pertimbangan The Fed Naikan Suku Bunga Berikutnya

422
0
SHARE

Penantian pelaku pasar terhadap kenaikan suku bunga AS oleh The Fed terjawab sudah. The Fed menaikan suku bunga acuan 25 basis poin. Karena sudah dari bulan November isu kenaikan suku bunga the fed semakin merebak, hal ini juga membuat spekulasi bagi pelaku pasar terhadap kondisi pasar global berikutnya. Banyak hal yang mendorong kenaikan suku bunga acuan, salah satunya adalah inflasi yang meningkat. Kini semakin meningkatnya harga sewa di AS akan mengangkat inflasi AS. Hal ini bisa menjadi pertanda kenaikan dari harga dalam ekonomi yang akan mendukung kenaikan suku bunga the fed untuk tahun 2017.

Peluang pengetatan lebih lanjut adalah kebijakan moneter yang akan dikeluarkan pada tahun 2017 yang mendapat dukungan dari data penurunan jumlah orang Amerika yang mengirimkan klaim pengangguran. The Fed menaikan suku bunga pada 14 Desember 2016 lalu untuk kedua kalinya setelah krisi keuangan 2007-2009 dan berpotensi akan menaikan suku bunga lanjutan pada tahun 2017. Selain kenaikan harga minyak, inflasi juga bisa menjadi dorongan  untuk presiden terpilih AS Donald Trump untuk mengeluarkan kebijakan fiskal ekspansif.

Sebab semakin santer terdengar the fed akan menaikan suku bunga acuan di awal tahun 2017. Sebab kondisi Ekonomi AS sangat memungkinkan untuk kembali menaikan suku bunga acuan. Indeks harga konsumen biaya makanan dan energi AS naik 0.2% setelah bulan sebelumnya naik 0.1%.