Home PASAR SAHAM PASAR MODAL Industri Pasar Modal Syariah Masih Menggeliat Di Tahun Depan

Industri Pasar Modal Syariah Masih Menggeliat Di Tahun Depan

31
0
SHARE

Beberapa analis memperkirakan prospek industri pasar modal syariah tanah air di tahun 2019 jauh lebih baik dibandingkan tahun 2018. Walau demikian, pasar modal syariah harus menghadapi berbagai macam tantangan seperti lebih ketatnya kebijakan moneter, dampak pemilu 2019 dan pemilihan presiden dan kondisi likuiditas yang akan semakin ketat.

Beberapa pengamat sependapat jika akan semakin banyak proyek infrastruktur yang akan dibiayai ulang menggunakan dana pasar modal melalui penerbitan suku. Hal tersebut karena akan berakhirnya IDC grace perioe dari bank. Bukan hanya itu, pokoknya juga bisa ditunda sampai sukuk jatuh tempo, selain itu, cicilan ujrah (pembayaran atas jasa) bulanan bisa diubah menjadi kupon 3 bulan bahkan 6 bulan.

Kebutuhan tambahan dana dari pasar modal juga akan meningkatkan perusahaan yang akan melantai di bursa atau initial public offering (IPO). Selain itu, di tahun 2019 nanti industri perbankan di prediksi akan semakin ketat sehingga ini memicu banyak pelaku usaha yang mencari sumber dana dari pasar modal.

Penawaran saham, menerbitkan sukuk, EBAS SP dan beberapa produk pasar modal lainnya akan menjadi sebuah pilihan di tahun depan untuk melengkapi keterbatasan likuiditas sektor perbankan.