Home ANALISA SAHAM IHSG Berpeluang Naik Didorong Data Ekonomi Nasional

IHSG Berpeluang Naik Didorong Data Ekonomi Nasional

500
0
SHARE

Pergerakan IHSG kemarin (17/11), mengalami kenaikan dari level penutupan 2 hari lalu di level 5.972,31 menjadi 6.037,91 naik sekitar 65,60 pips atau sekitar 1,10% dengan volume rata-rata perdagangan sebesar 11.547.

Pada saat artikel ini dibuat, pukul 09:21 WIB, pembukaan IHSG dari pukul 09.00 am sudah diwarnai dengan pergerakan bullish naik dari level 6.037,91 menjadi 6.075,86 naik 37,96 poin atau sekitar 0,63%. Padahal market baru dibuka setengah jam, namun langsung muncul kekuatan bullish yang lumayan.

Beberapa perusahaan sekuritas terkemuka di Indonesia memproyeksikan bahwa pergerakan IHSG hari ini akan memiliki kesempatan kenaikan.

Menurut Indosurya Sekuritas, kondisi pergerakan IHSG saat ini memang terlihat seperti sedang menunggu momentum untuk melanjutkan kenaikan sampai pada pencetakan rekor baru tertinggi sepanjang masa.

William Surya Wijaya, Wakil Presiden Research Department, mengatakan bahwa IHSG hari ini akan berpotensi naik sampai pada level 6.123.

Support yang kuat terlihat terjaga sampai saat ini, sehingga bisa menopang dari pola pergerakan trend naik IHSG, apalagi ditambah dengan data perekonomian BI rate yang diperkirakan masih stagnan, artinya perekonomian indonesia masih dalam tingkat stabil sehingga dapat menopang pergerakan IHSG.

Beberapa saham yang direkomendasikan Indosurya Sekuritas adalah : WSBP, ICBP, TLKM, BBNI, WTON, ADHI, INDF, WIKA, FSMR dan HMSP.

Sedangkan menurut Binaartha Sekuritas, IHSG diprediksikan akan memiliki potensi bullish continuation selama pergerakannya hari ini.

Muhammad Nafan Aji Gusta, salah satu analis dari perusahaan tersebut secara teknikal menjelaskan bahwa : menurut daily pivot dari Bloomberg, support pertama berada pada level 5.996 dan support kedua pada level 5.956. sementara resistance pertama pada level 6.066 dan resistance kedua pada level 6.095.

Sedangkan dari indikator daily, MACD masih berada diarea positif dengang pola deadcross, Stochastic di area jenuh, sedangkan RSI masih netral. Meskipun demikian, pola bullish engulfing sudah terlihat dan biasanya menandakan potensi bullsih continuation pada pergerakan IHSG.

Dari analisa diatas, IHSG berpotensi menuju area resistance level 6.065 dan 6.095. beberapa saham yang memiliki peluang naik antara lain : BJTM, HRUM, INTP, KAEF, PWON, dan UNTR.